PROSES KOMUNIKASI PERSUASIF PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA KEPADA MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA DALAM SITUASI DARURAT SAMPAH TAHUN 2023

SUSANTO, SHEILA SERENA (2023) PROSES KOMUNIKASI PERSUASIF PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA KEPADA MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA DALAM SITUASI DARURAT SAMPAH TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SHEILA SERENA SUSANTO)
190907072 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907072 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907072 2.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
190907072 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img]
Preview
Text
190907072 4.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kondisi TPA Piyungan yang sudah overload diperkirakan tidak dapat dioptimalisasikan sebagai tempat menampung sampah pada tahun-tahun berikutnya. Hal ini menjadikan Yogyakarta darurat akan sampah. Dalam mengatasi kondisi ini, Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan komunikasi persuasif kepada seluruh masyarakat Kota Yogyakarta untuk menumbuhkan kesadaran mengelola sampah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta kepada masyarakat Kota Yogyakarta dalam mengelola sampah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengumpulkan informasi aktual untuk menggambarkan masalah yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan memanfaatkan berbagai sumber sebagai hasil temuan. Teori yang digunakan adalah Proses Komunikasi Persuasif dengan fokus pada empat elemen penting (source, message, channel, receiver). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap Pemerintah Kota Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta memperhatikan empat elemen penting dalam Proses Komunikasi Persuasif pada saat menyampaikan pesan persuasif kepada masyarakat Kota Yogyakarta. Penyampaian pesan persuasif dengan memperhatikan empat elemen penting menjadikan pesan persuasif Pemerintah Kota Yogyakarta terbilang efektif dalam upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah. Terdapat dua aktor utama dalam penelitian ini, yaitu Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai persuader menyampaikan pesan dan masyarakat Kota Yogyakarta sebagai persuadee menerima pesan. Melalui proses komunikasi persuasif ini, Pemerintah Kota Yogyakarta menciptakan proses komunikasi persuasif yang holistik, tidak hanya mencakup penyampaian pesan, tetapi juga interaksi aktif dan dukungan dalam implementasi perubahan perilaku masyarakat terkait pengelolaan sampah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Pemerintah, Masyarakat, Darurat Sampah
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 06 Mar 2024 16:20
Last Modified: 06 Mar 2024 16:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31356

Actions (login required)

View Item View Item