Efektivitas Viral Clip #2 Protocol to Protect Berdasarkan Perhitungan Customer Response Index (CRI) (Pengukuran Efektivitas Pesan pada Karyawan Pabrik dan Pusat Distribusi Danone AQUA)

BUDIANTO, CINTHIA NANA (2024) Efektivitas Viral Clip #2 Protocol to Protect Berdasarkan Perhitungan Customer Response Index (CRI) (Pengukuran Efektivitas Pesan pada Karyawan Pabrik dan Pusat Distribusi Danone AQUA). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (CINTHIA NANA BUDIANTO)
170906323 0.pdf

Download (692kB)
[img] Text
170906323 1.pdf

Download (877kB)
[img] Text
170906323 2.pdf

Download (629kB)
[img] Text
170906323 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text
170906323 4.pdf

Download (5MB)

Abstract

Akhir tahun 2019 yang lalu terdapat virus yang muncul bernama COVID-19 yang dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO pada tahun 2020 karena penyebarannya yang sangat cepat (World Health Organization, 2020). Penyebaran virus ini melalui klaster-klaster dan salah satu klaster penyebaran COVID-19 adalah tempat bekerja seperti kantor dan pabrik. Danone AQUA, yaitu perusahaan yang memproduksi air mineral dengan merek AQUA memiliki karyawan hingga 11.739 orang yang tersebar di seluruh Indonesia (Danone AQUA, 2020). Maka itu, Danone AQUA perlu menjalankan upaya-upaya pencegahan COVID-19 dengan baik karena merupakan klaster yang luas. Danone AQUA memiliki program-program kesehatan yang ditujukan bagi karyawannya. Salah satu programnya adalah Viral Clip #2 Protocol to Protect yang merupakan pembelajaran virtual terkait COVID-19. Viral clip ini tentu perlu diteliti efektivitasnya mengingat virus ini sangat berbahaya. Penelitian yang berjenis kuantitatif evaluatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas Viral Clip #2 Protocol to Protect berdasar perhitungan Customer Response Index (CRI). Teknik pengumpulan datanya adalah metode survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 102 responden yang merupakan karyawan di pabrik dan pusat distribusi Danone AQUA karena mereka perlu bekerja langsung dari lokasi kerja sehingga perlu lebih melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Dalam pengolahan data, penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistic Version 26 untuk melihat distribusi frekuensi data dari kuesioner yang kemudian akan dijabarkan dengan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian ini mencari efektivitas viral clip tersebut dengan menggunakan perhitungan CRI yang memiliki 5 yaitu awareness, comprehend, interest, intention, dan action, serta tahap recognition yang melihat sejauh mana objek penelitian diingat responden. Hasil yang didapat adalah viral clip tersebut sudah efektif dengan skor CRI sebesar 71,4% dan termasuk program kesehatan yang paling diingat oleh responden.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pesan, Customer Response Index, Komunikasi Kesehatan, Pemasaran Sosial
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 15 Mar 2024 19:17
Last Modified: 15 Mar 2024 19:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31442

Actions (login required)

View Item View Item