RENOVASI PASAR MINI DATAH MANUAH PALANGKA RAYA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR

Nurelita, Triana (2020) RENOVASI PASAR MINI DATAH MANUAH PALANGKA RAYA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Triana Nurelita)
170116987_Bab 0.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116987_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116987_Bab 2.pdf

Download (950kB) | Preview
[img] Text
170116987_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
170116987_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170116987_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170116987_Bab 6.pdf

Download (944kB) | Preview

Abstract

Pasar Mini Datah Manuah merupakan salah satu pasar tradisional di Kota Palangka Raya yang masih beroperasi. Namun, kondisi fisik Pasar Mini Datah Manuah Palangka Raya memprihatinkan. Pasar tradisional ini mulai ditinggalkan dan sepi pengunjung. Terdapat beberapa alasan mengapa pasar ini mulai ditinggalkan seperti plafon jebol, dinding retak dan berlumut serta fasilitas lainnya yang kurang memadai, padahal letaknya berada di pusat Kota Palangka Raya. Sepinya pengunjung membuat jumlah pedagang yang berjualanpun semakin berkurang. Ketertinggalan pasar Tradisional menimbulkan beberapa dampak. Dampak yang ditimbulkan diantaranya penurunan omset pedagang, peran pasar tradisional sebagai “tuan rumah” bagi komoditi daerah yang diproduksi oleh warganya menurun, tradisi masyarakat dalam tradisi jual beli beralih ke pasar modern. Hal ini juga terjadi di Palangka Raya dimana keberadaan pasar tradisionalnya mulai tergantikan dengan kehadiran pasar modern. Pasar tradisional yang dulunya menjadi tempat yang tidak lepas dari kehidupan masyarakatnya perlahan mulai ditinggalkan. Arsitektur Neo Vernakular merupakan arsitektur yang ingin mengangkat nilai-nilai lokalitas pada suatu tempat. Salah satu caranya yaitu unsur-unsur sosial budaya, kearifan lokal dan sejarah yang ada dipadukan dengan perkembangan arsitektur yang baru sehingga kelestarian karakter suatu tempat atau jiwa tetap terjaga. Dengan pendekatan ini diharapkan stigma pasar tradisional yang buruk akan menghilang dengan desain yang modern tetapi tidak meninggalkan karakter budaya daerah asalnya. Arsitektur neo vernakular akan diwujudkan dalam tampilan fisik, tata ruang luar, tata ruang dalam, warna serata ornament-ornamen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pasar Mini Datah Manuah Palangka Raya, Arsitektur neo vernakular, kearifan lokal, pasar tradisional
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Mar 2024 17:23
Last Modified: 18 Mar 2024 17:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31445

Actions (login required)

View Item View Item