PERILAKU CELEBRITY WORSHIP PADA PENGGEMAR BTS (STUDI PADA FANDOM BOYBAND BTS ARMY DI BATAM)

Pasaribu, Lidya Christine (2024) PERILAKU CELEBRITY WORSHIP PADA PENGGEMAR BTS (STUDI PADA FANDOM BOYBAND BTS ARMY DI BATAM). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Lidya Christine Pasaribu)
181006778_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
181006778_Bab 1.pdf

Download (807kB) | Preview
[img] Text
181006778_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
181006778_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img]
Preview
Text
181006778_Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena Korean Wave (Hallyu) dewasa ini sudah menjadi fenomena yang tidak asing di Indonesia. Selain itu melihat dari jumlah followers di twitter, grup Bulletproof Boy Scouts atau disingkat dengan BTS menjadi tokoh K-Pop dengan jumlah followers terbanyak sebesar 43,7 juta. Maka dapat diperoleh bahwa BTS adalah grup musik atau boyband yang paling digemari di Indonesia. Batam memiliki jumlah penggemar K-Pop khususnya grup BTS yang cukup banyak yang kemudian membentuk sebuah komunitas penggemar atau fandom. Kelompok penggemar dari grup BTS biasa dikenal sebagai ARMY (Adorable Representative MC. Youth) dan salah satunya juga berada di daerah Batam yang dikenal sebagai fandom ARMY Batam. Meskipun kini korean wave sudah menjadi sebuah fenomena yang umum dijumpai di Indonesia, namun persepsi terhadap penggemar K-Pop masih dianggap sebagai seorang yang memiliki rasa suka berlebihan obsesif dan delusif yang dikenali sebagai perilaku celebrity worship. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana perilaku celebrity worship penggemar BTS yang tergabung dalam fandom ARMY Batam. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan konsep Celebrity worship oleh Maltby yaitu berdasarkan 3 aspek meliputi yaitu Aspek sosial dan hiburan (entertainment- social), Aspek perasaan pribadi yang intens (intense personal feeling), dan Aspek borderline pathological. Hasil yang dapat ditemukan dalam terdapat perilaku celebrity worship pada fandom BTS Army di Batam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: celebrity worship, fandom, boyband
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 29 May 2024 20:42
Last Modified: 29 May 2024 20:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31740

Actions (login required)

View Item View Item