Afriyanti, Nindy Putri (2024) PENGARUH TERPAAN KONTEN INSTAGRAM @RANIAAYAMIN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN KAIN TRADISIONAL (Studi Eksplanatif Pada Followers Akun Instagram @raniaayamin). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Nindy Putri Afriyanti)
170906387_Bab 0.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
170906387_Bab 1.pdf Download (997kB) | Preview |
|
Text
170906387_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
||
Text
170906387_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
||
|
Text
170906387_Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Preferensi dan cara berpakaian masyarakat Indonesia perlahan mulai banyak dipengaruhi oleh budaya barat, yang mana hal ini meredupkan eksistensi dari budaya penggunaan kebaya dan kain tradisional Indonesia. Namun, sejak tahun 2020 budaya menggunakan kebaya dan kain tradisional kembali populer melalui tren berkain di media sosial Instagram dan TikTok. Kepopuleran tren berkain tidak terlepas juga dari partisipasi influencer melalui sejumlah konten yang dibuat, salah satunya ialah Rania Yamin yang saat ini menjadi salah satu kiblat fashion berkain dan kebaya di kalangan muda. Penelitian ini akan berfokus pada pengaruh terpaan konten instagram @raniaayamin terhadap minat berkain followers-nya, mengingat konten merupakan medium utama yang digunakan Rania Yamin. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dan hasilnya menunjukkan bahwa, terpaan konten instagram @raniaayamin tergolong rendah. Meskipun begitu hasilnya menunjukkan terpaan konten tersebut tetap memiliki kontribusi sebesar 37,8% terhadap minat followers untuk menggunakan outfit berkain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten, Instagram, Terpaan, Minat, Berkain. |
Subjects: | Komunikasi > Jurnalisme |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 16:31 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 16:31 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31757 |
Actions (login required)
View Item |