PENGARUH KEPERCAYAAN FOLLOWERS INSTAGRAM @JOGJAKOPLO_FEST TERHADAP MINAT BELI TIKET KONSER MUSIK DANGDUT DI YOGYAKARTA

Prakosa, Febian (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN FOLLOWERS INSTAGRAM @JOGJAKOPLO_FEST TERHADAP MINAT BELI TIKET KONSER MUSIK DANGDUT DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Febian Prakosa)
190906910_Bab 0.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906910_Bab 1.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text
190906910_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
190906910_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
190906910_Bab 4.pdf

Download (989kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kepercayaan followers Instagram @jogjakoplo_fest terhadap minat beli tiket konser dangdut di Yogyakarta. Jogja Koplo Fest merupakan salah satu konser musik dangdut yang diselenggarakan di Yogyakarta. Jogja Koplo Fest Vol 1 telah sukses diselenggarakan oleh Juwana Creative, sehingga diadakan konser lanjutan yaitu Jogja Koplo Fest Vol 2. Namun, Jogja Koplo Fest. Vol 2 dibatalkan oleh pihak penyelenggara sehari sebelum tanggal pelaksanaan. Kekecewaan yang dirasakan followers @Jogjakoplo_fest yang membeli tiket konser musik Jogja Koplo Fest Vol. 2 dapat menimbulkan keraguan dalam menonton konser musik. Kepercayaan merupakan suatu keyakinan yang dimiliki seseorang terhadap apa yang diketahui yang dapat menimbulkan pemikiran positif dan negatif mengenai sebuah objek. Kepercayaan dalam penelitian ini dapat diukur berdasarkan indikator keyakinan-keyakinan yang dapat memunculkan kepercayaan pada konsumen yaitu integritas, benevolence, competency, dan predictability. Kepercayaan menjadi faktor yang penting untuk mengubah minat beli seseorang yang akhirnya bisa mengubah keputusan pembelian oleh konsumen. Minat beli diukur melalui indikator-indikator seperti minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, dan minat eksploratif. Penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 100 responden yang merupakan bagian dari followers Instagram @jogjakoplo_fest yang telah menonton konser musik Jogja Koplo Fest Vol. 2. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif antara kepercayaan followers Instagram @jogjakoplo_fest terhadap minat beli tiket konser musik dangdut di Yogyakarta. Semakin tinggi Kepercayaan yang dimiliki maka akan semakin tinggi minat beli terhadap sebuah produk. Besaran pengaruh yang terdapat pada variabel X dengan variabel Y adalah sebesar 19,8%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Jogja Koplo Fest, Minat Beli, Konser Musik Dangdut.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 06 Jun 2024 16:54
Last Modified: 06 Jun 2024 16:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31776

Actions (login required)

View Item View Item