PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP PROGRAM ACARA TARGET DAN STRATEGI DI TELEVISI (Studi Kasus Tentang Persepsi Pencinta Airsoftgun Terhadap Program Acara Target Dan Strategi Di Televisi)

K, DIAN KUNTOWIJOYO (2010) PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP PROGRAM ACARA TARGET DAN STRATEGI DI TELEVISI (Studi Kasus Tentang Persepsi Pencinta Airsoftgun Terhadap Program Acara Target Dan Strategi Di Televisi). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM01300.pdf

Download (498Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM01300.pdf

Download (144Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM01300.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM01300.pdf

Download (132Kb)

Abstract

Persepsi adalah stimulus melalui indera, diorganisasikan, kemudian diinterprestasikan, sehingga individu menyadarinya. Dalam persepsi, sekalipun stimulusnya sama tapi karena pengalaman tidak sama, maka ada kemungkinan hasil persepsi antara satu individu dengan individu yang lain tidak sama. Keadaan tersebut menjelaskan bahwa persepsi itu bersifat individual. Berdasarkan uraian di atas dapat diambil kesimpulan pengertian pokok tentang persepsi yaitu bahwa persepsi meliputi masuknya stimulus dari luar individu melalui alat indera dan stimulus tersebut di interprestasikan sehingga bermakna dan hasil interprestasi itu menimbulkan pendapat tentang objek tertentu akan mempengaruhi perilaku individu terhadap objek tersebut. Program acara yang sifatnya menghibur namun didalamnya memberi pendidikan kepada pemirsanya sehingga pemirsa merasa senang untuk belajar. Salah satu tayangannya adalah acara “Target dan Strategi”. Acara tersebut menyajikan strategi perang dan penggunaan senjata, melalui tersebut maka individu dapat belajar dan biasanya menerapkan dalam permainan airsoftgun. Metode analisis data yang digunakan metode statistic yaitu analisis kuantitatif untuk mengetahui skor empirik pada subjek penelitian. Selanjutnya skor empirik akan dibandingkan dengan skor hipotetik. Apabila skor empirik lebih tinggi dibandingkan skor hipotetik maka subjek memiliki persepsi khalayak yang positif, sebaliknya apabila skor empirik lebih rendah dibandingkan skor hipotetik maka subjek memiliki persepsi khalayak yang rendah. Berdasarkan perolehan data yang menunjukkan bahwa secara umum pemirsa acara Target dan Strategi memiliki persepsi yang positif terhadap acara tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan nilai mean empirik yang lebih besar daripada nilai mean teoritiknya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi,Informasi,Hiburan,Keinginan Menyaksikan Kembali
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jul 2013 10:15
Last Modified: 18 Jul 2013 10:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3199

Actions (login required)

View Item View Item