STUDI NETNOGRAFI PARTISIPAN KAMPANYE #DITANTANG PANDAWARA PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK @PANDAWARAGROUP

Daniswara, Felik Aditya (2024) STUDI NETNOGRAFI PARTISIPAN KAMPANYE #DITANTANG PANDAWARA PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK @PANDAWARAGROUP. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Felik Aditya Daniswara)
190906986_Bab 0.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906986_Bab 1.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906986_Bab 2.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
190906986_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
190906986_Bab 4.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memfokuskan penelitian pada partisipan kampanye #ditantangpandawara pada platform tiktok. Kampanye ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan jenis dan karakteristik partisipan kampanye #ditantangpandawara dan perannya dalam membentuk budaya partisipatif melalui dinamika kampanye yang terjadi. #Ditantangpandawara merupakan salah satu kampanye interaktif yang diprakarsai oleh pandawaragroup yang memiliki tujuan untuk mengajak masyarakat untuk melakukan aksi dalam melakukan pembersihan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metodi netnografi untuk dapat melihat secara langsung data-data yang membentuk suatu fenomena pada media digital. Dalam proses penelitian ini akan menganalisa jenis-jenis dan karakteristik partisipan yang mengikuti kampanye ini, menganalisa pengaruh pemilihan media tiktok sebagai media kampanye interaktif hingga pemilihan Pandawara sebagai KOL kampanye dan proses terbentuknya budaya partisipatif yang lahir karena partisipasi yang terjadi. Hasil dari penelitian ini menujukkan terdapat 4 jenis budaya partisipatif yang terbentuk berupa proses yang berkesinambungan yaitu: affiliasi, ekspresi, kolaborasi dan sirkulasi. Budaya tersebut terbentuk akibat dari proses partisipasi masyarakat dalam bentuk aksi video kolaboratif antara Pandawara dan partisipan. Tetapi pengunaan media tiktok sebagai kampanye membatasi partisipan untuk mengekspresikan aksinya, sehingga rata-rata partisipan memiliki intensitas yang sedang saja. Selain itu Pandawara sebagai KOL kurang memberikan arahan mengenai teknis kampanye dan hal-hal yang sebenarnya dinilai dari partisipan sehingga membuat kampanye ini kurang transparan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pandawaragroup, Budaya Partisipatif, Netnografi, Kampanye Digital, Kolaborasi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 12 Aug 2024 15:09
Last Modified: 12 Aug 2024 15:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32131

Actions (login required)

View Item View Item