PENGARUH IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PERSUASIF LIVE TIKTOK “BITTERSWEET BY NAJLA” TERHADAP MINAT BELI VIEWERS

Lumaris, Stephanie Lintang (2024) PENGARUH IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PERSUASIF LIVE TIKTOK “BITTERSWEET BY NAJLA” TERHADAP MINAT BELI VIEWERS. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Stephanie Lintang Lumaris)
190907007_Bab 0.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907007_Bab 1.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907007_Bab 2.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
190907007_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img]
Preview
Text
190907007_Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media sosial dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, salah satunya yaitu keperluan bisnis. TikTok menjadi salah satu jenis media sosial yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis atau jual beli melalui fitur yang ditawarkannya yaitu TikTok Live. Pada penelitian ini, peneliti akan berfokus pada komunikasi persuasif dalam suatu live streaming TikTok terhadap minat beli para penonton live tersebut. Komunikasi persuasif tersebut memberikan kesempatan kepada audiens untuk lebih mengenal produk, memperoleh informasi, serta adanya rangsangan berupa ajakan yang bertujuan untuk mempengaruhi perilaku audiens. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori S-O-R dengan variabel implementasi komunikasi persuasif sebagai (S) stimulus, viewers sebagai (O) organisme dan minat beli sebagai (R) respon. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei menggunakan teknik purposive sampling kepada 175 sampel. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Kemudian untuk metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana melalui aplikasi SPSS Statistics 25. Pada penelitian ini memperoleh hasil Implementasi Komunikasi Persuasif (X) memengaruhi Minat Beli (Y) sebesar 52,2%. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa implementasi komunikasi persuasif sebagai stimulus (S) terbukti memberikan pengaruh minat beli sebagai respon (R) yang dilakukan oleh viewers live TikTok Bittersweet by Najla sebagai organisme (O).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Minat Beli, S-O-R, TikTok Live, Live Streaming
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 12 Aug 2024 15:38
Last Modified: 12 Aug 2024 15:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32134

Actions (login required)

View Item View Item