Matindas, Jhosua Marchellino Jhoes (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI BEHAVIORAL INTENTION PENGGUNAAN BANK SAQU DI YOGYAKARTA. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Jhosua Marchellino Jhoes Matindas)
225027229_Bab 0.pdf Download (835kB) | Preview |
|
|
Text
225027229_Bab 1.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
225027229_Bab 2.pdf Download (615kB) | Preview |
|
Text
225027229_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
||
Text
225027229_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) |
||
|
Text
225027229_Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Peningkatan transaksi perbankan digital di Indonesia telah mendorong pertumbuhan pengguna Bank Saqu sebagai bank digital baru, dengan 390.666 pengguna aktif. Penelitian ini menggunakan teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang dimodifikasi dengan tambahan mediasi perceived risk dan trust. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh performance expectancy, effort expectancy, dan social influence terhadap behavioral intention penggunaan Bank Saqu di Yogyakarta dengan mediasi perceived risk dan trust. Pendekatan kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini, dengan metode structural equation modeling partial least square (PLS-SEM). Sebanyak 180 responden pengguna aplikasi Bank Saqu dari generasi Z dijadikan sampel penelitian, yang dikumpulkan melalui kuesioner online menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performance expectancy tidak berpengaruh terhadap perceived risk, dan juga perceived risk tidak memediasi pengaruh performance expectancy terhadap niat perilaku untuk menggunakan Bank Saqu. Sebaliknya, trust berperan sebagai mediator penting dalam pengaruh performance expectancy terhadap behavioral intention. Selain itu, perceived risk dan trust juga memediasi pengaruh effort expectancy dan social influence terhadap niat perilaku. Hasil ini menekankan pentingnya membangun kepercayaan pengguna serta pengaruh lingkungan sosial dalam penggunaan aplikasi Bank Saqu. Manajer Bank Saqu disarankan untuk memelihara kepercayaan pengguna dengan menyediakan fitur yang aman dan mudah digunakan serta memperhatikan lebih dalam manfaat signifikan dari penggunaan aplikasi. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan teori UTAUT terbaru, memperluas sampel dengan latar belakang yang lebih beragam, dan melibatkan generasi Y atau X untuk pemahaman yang lebih luas tentang perilaku pengguna.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bank Digital, Bank Saqu, UTAUT, Perceived Risk, Trust |
Subjects: | Magister Manajemen > E-Business |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 18:09 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 18:09 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32258 |
Actions (login required)
View Item |