Pengaruh Sikap Audiens atas Iklan Terhadap Minat Membeli yang Dimoderasi oleh Tingkat Stres dan Tingkat Konsumsi Layanan Mobile Communications (Studi Eksplanatif Kuantitatif pada Masyarakat Kelurahan Caturtunggal Yogyakarta Mengenai Pengaruh Sikap atas Iklan Layanan SMS Premium Konten Ramalan Mama Lauren di Televisi Terhadap Minat Berlangganan Layanan SMS dengan Tingkat Stres dan Tingkat Konsumsi Layanan Mobile Communications Sebagai Variabel Moderator)

Astuti, Dora Kusuma (2010) Pengaruh Sikap Audiens atas Iklan Terhadap Minat Membeli yang Dimoderasi oleh Tingkat Stres dan Tingkat Konsumsi Layanan Mobile Communications (Studi Eksplanatif Kuantitatif pada Masyarakat Kelurahan Caturtunggal Yogyakarta Mengenai Pengaruh Sikap atas Iklan Layanan SMS Premium Konten Ramalan Mama Lauren di Televisi Terhadap Minat Berlangganan Layanan SMS dengan Tingkat Stres dan Tingkat Konsumsi Layanan Mobile Communications Sebagai Variabel Moderator). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02648.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02648.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02648.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02648.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02648.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Bisnis SMS premium terlihat mengalami pertumbuhan di Indonesia oleh karena keuntungannya yang menggiurkan. Layanan SMS premium yang berupa layanan ramalan sangat menarik karena hal ramal-meramal yang berkaitan dengan dunia supranatural dan dilarang oleh beberapa agama di Indonesia justru sengaja dibuat komersil bagi masyarakat umum. Nada protes juga banyak bermunculan dari masyarakat yang merasa dirugikan oleh karena produk layanan SMS premium ramalan. Namun, eksistensi iklan layanan SMS dengan konten ramalan dapat bertahan selama beberapa tahun di televisi. Iklan layanan SMS ramalan Mama Lauren merupakan salah satu iklan layanan SMS konten ramalan atau supranatural yang penayangannya cukup lama bertahan di televisi, yakni sekitar tahun 2007 sampai dengan awal tahun 2010. Sosok Mama Lauren juga dikenal sebagai peramal handal oleh masyarakat Indonesia. Penerawangannya kerap dipublikasikan di media massa. Latar belakang tersebut membuat peneliti mencoba mencari tahu pengaruh sikap masyarakat Indonesia atas iklan layanan SMS premium konten ramalan Mama Lauren di televisi terhadap minat membeli produk, serta pengaruh faktor-faktor lain yang berupa tingkat stres dan tingkat konsumsi layanan mobile communications yang mungkin mempengaruhi hubungan kedua variabel tersebut. Variabel dalam penelitian ini antara lain adalah: sikap atas iklan layanan SMS premium konten ramalan Mama Lauren di televisi (independen), minat berlangganan produk layanan SMS ramalan Mama Lauren (dependen), tingkat stres (moderator 1), dan tingkat konsumsi layanan mobile communications (moderator 2). Hubungan antara variabel diuji dengan menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan uji Moderated Regression Analysis (MRA). Metode penelitian yang digunakan adalah eksplanatif kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer. Populasi penelitian adalah masyarakat Kelurahan Caturtunggal, Yogyakarta. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini mengacu pada formulasi Radiany Rahmady dengan teknik sampling multy stage proportional random sampling. Berdasarkan hasil uji analisis regresi linier sederhana, sikap atas iklan layanan SMS premium konten ramalan Mama Lauren di televisi berpengaruh terhadap minat berlangganan layanan SMS. Sementara hasil uji MRA menunjukkan bahwa, tingkat stres dan tingkat konsumsi layanan mobile communications secara terpisah merupakan variabel moderator yang mempengaruhi hubungan antara variabel independen dan dependen. Namun kedua variabel tersebut bukan merupakan variabel moderator yang secara bersamaan mempengaruhi hubungan antara variabel independen dan dependen. Saran yang dapat dikemukakan oleh peneliti antara lain adalah agar para content provider sebagai penyedia layanan konten menghentikan praktik bisnis yang merugikan konsumen dan menciptakan konten yang lebih bermanfaat. Content provider juga sebaiknya menggarap iklan produk mereka secara serius. Mengemas iklan dengan lebih menarik kemungkinannya dapat menciptakan sikap positif atas iklan, sehingga memungkinkan meningkatnya minat untuk membeli produk

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jul 2013 13:30
Last Modified: 18 Jul 2013 13:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3231

Actions (login required)

View Item View Item