KIRANA, OLGA DEWI CHANDRA (2010) TINGKAT KEPUASAN PEMBACA DI KOTA YOGYAKARTA TERHADAP BERITA OLAHRAGA SURAT KABAR HARIAN JOGJA (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Tingkat Kepuasan Pembaca di Kota Yogyakarta terhadap Berita Olahraga Surat Kabar Harian Jogja). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02714.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02714.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM02714.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM02714.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM02714.pdf Download (987kB) | Preview |
Abstract
Harian Jogja merupakan institusi pers lokal baru di Yogyakarta dengan berita olahraga sebagai konten terbesar (21%) dari keseluruhan berita Harjo, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti seberapa besar tingkat kepuasan khalayak terhadap rubrik olahraga ini. Kepuasan yang diterima setelah menggunakan media menyebabkan kepercayaan khalayak dalam menggunakan suatu media bertambah, artinya penting dalam kelangsungan hidup sebuah media massa. Selain itu persaingan media massa yang semakin ketat menjadikan suatu riset kepuasan khalayak penting untuk dilakukan. Kepuasan khalayak terpaparkan dalam teori Uses and Gratifications. Sesuai teori ini, khalayak menggunakan media didorong oleh motif-motif. Motif yang diharapkan disebut Gratification Sought (GS), sedangkan motif yang didapat setelah menggunakan media disebut dengan Gratification Obtained (GO). Tingkat kepuasan khalayak dapat diketahui dengan menghitung selisih antara GS dan GO. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pembaca yang dalam penelitian ini yakni masyarakat di Kota Yogyakarta yang masih atau pernah berlangganan Surat Kabar Harian Jogja dan pernah membaca rubrik berita olahraga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden puas terhadap berita olahraga Surat Kabar Harian Jogja. Tingkat kepuasan pembaca berita olahraga Surat Kabar Harian Jogja keseluruhan berdasarkan hasil dari uji mean di mana jumlah skor mean GS dibandingkan dengan jumlah skor mean GO, skor GO lebih besar dibanding skor GS sebesar 0,04. Artinya kepuasan lebih besar dari motif kebutuhan yang diharapkan. Media sudah memuaskan khalayaknya sehingga Hipotesis teoritis (Ho) awal penelitian ini diterima. Untuk tingkat kepuasan tiap kategori, secara keseluruhan mereka merasa terpuaskan hanya pada kategori informasi sebesar 0,16. Sedangkan untuk kategori identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial juga hiburan tidak terpuaskan. Motif identitas pribadi >0,05 dibandingkan kepuasan identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial >0,06 dibandingkan kepuasan integrasi dan interaksi sosial, dan motif hiburan >0,01 dibandingkan kepuasan hiburan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gratification Sought, Gratification Obtained, Tingkat Kepuasan |
Subjects: | Komunikasi > Jurnalisme |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 19 Jul 2013 07:54 |
Last Modified: | 19 Jul 2013 07:54 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3238 |
Actions (login required)
View Item |