Manurung, Valentine Andreas (2024) PERANCANGAN FRAMEWORK BERBASIS METODE ARIMA DAN ASSOCIATION RULE UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (Valentine Andreas Manurung)
225611915_Bab 0.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
225611915_Bab 1.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
225611915_Bab 2.pdf Download (552kB) | Preview |
|
Text
225611915_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
||
Text
225611915_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
|
Text
225611915_Bab 5.pdf Download (408kB) | Preview |
Abstract
Strategi pemasaran yang tepat bergantung pada pola perilaku konsumen perusahaan. Oleh karena itu perusahaan perlu memahami preferensi dan kebutuhan konsumen serta hal-hal yang mempengaruhi keputusan pembelian. Memahami pola perilaku konsumen merupakan langkah penting bagi pelaku bisnis untuk tetap bertahan di pasar yang semakin kompetitif, khususnya pola perilaku konsumen dalam e-commerce. Pada tesis ini diusulkan suatu framework untuk memahami pola perilaku konsumen dengan menggunakan teknik asosciation rule dan peramalan Arima. Pemahaman mengenai pola perilaku ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan pengambilan keputusan misalnya terkait dengan pengadaan barang yang tepat dan menentukan strategi pemasaran. Framework yang diusulkan dilengkapi dengan dashboard yang mudah dipahami. Framework ini diaplikasikan pada Perusahaan PT. D&W International yang merupakan produsen batu alam. Berdasarkan hasil penerapan framework pada kasus nyata di PT. D&W International, ditemukan bahwa framework tersebut mampu mengidentifikasi pola perilaku konsumen dan memprediksi permintaan dengan akurasi yang tinggi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran yang lebih efektif. Oleh karena itu, framework ini dapat diaplikasikan pada perusahaan lain yang juga menggunakan data permintaan untuk menganalisis pola perilaku konsumen dalam upaya menentukan strategi pemasaran yang tepat.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku konsumen, Association Rule, Peramalan ARIMA, e- Commerce, Strategi Pemasaran, Dashboard |
Subjects: | Magister Teknik Industri > Business Analytics |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 17:58 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 17:58 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32437 |
Actions (login required)
View Item |