PERANCANGAN FRAMEWORK BERBASIS METODE ARIMA DAN ASSOCIATION RULE UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN

Manurung, Valentine Andreas (2024) PERANCANGAN FRAMEWORK BERBASIS METODE ARIMA DAN ASSOCIATION RULE UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Valentine Andreas Manurung)
225611915_Bab 0.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225611915_Bab 1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225611915_Bab 2.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
225611915_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
225611915_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
225611915_Bab 5.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran yang tepat bergantung pada pola perilaku konsumen perusahaan. Oleh karena itu perusahaan perlu memahami preferensi dan kebutuhan konsumen serta hal-hal yang mempengaruhi keputusan pembelian. Memahami pola perilaku konsumen merupakan langkah penting bagi pelaku bisnis untuk tetap bertahan di pasar yang semakin kompetitif, khususnya pola perilaku konsumen dalam e-commerce. Pada tesis ini diusulkan suatu framework untuk memahami pola perilaku konsumen dengan menggunakan teknik asosciation rule dan peramalan Arima. Pemahaman mengenai pola perilaku ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan pengambilan keputusan misalnya terkait dengan pengadaan barang yang tepat dan menentukan strategi pemasaran. Framework yang diusulkan dilengkapi dengan dashboard yang mudah dipahami. Framework ini diaplikasikan pada Perusahaan PT. D&W International yang merupakan produsen batu alam. Berdasarkan hasil penerapan framework pada kasus nyata di PT. D&W International, ditemukan bahwa framework tersebut mampu mengidentifikasi pola perilaku konsumen dan memprediksi permintaan dengan akurasi yang tinggi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran yang lebih efektif. Oleh karena itu, framework ini dapat diaplikasikan pada perusahaan lain yang juga menggunakan data permintaan untuk menganalisis pola perilaku konsumen dalam upaya menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen, Association Rule, Peramalan ARIMA, e- Commerce, Strategi Pemasaran, Dashboard
Subjects: Magister Teknik Industri > Business Analytics
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 20 Sep 2024 17:58
Last Modified: 20 Sep 2024 17:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32437

Actions (login required)

View Item View Item