PENGARUH PENGUNGKAPAN‘ENVIRONMENTAL PERFORMANCE, ECONOMIC PERFORMANCE,’DAN CORPORATE SOCIAL’PERFORMANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Consumer Non-Cyclical yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2020-2022)

Eufunny, Elfrida (2024) PENGARUH PENGUNGKAPAN‘ENVIRONMENTAL PERFORMANCE, ECONOMIC PERFORMANCE,’DAN CORPORATE SOCIAL’PERFORMANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Consumer Non-Cyclical yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2020-2022). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Elfrida Eufunny)
200325376_Bab 0.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200325376_Bab 1.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200325376_Bab 2.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text
200325376_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
200325376_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img]
Preview
Text
200325376_Bab 5.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan indikator penting dalam menilai kemajuan suatu negara. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 mencapai 5,31%, sektor transportasi dan pergudangan mencatat pertumbuhan tertinggi. Namun, pertumbuhan ekonomi juga dapat berdampak negatif terhadap lingkungan, termasuk perubahan iklim dan kerusakan sumber daya alam. Pandemi COVID-19 pada tahun 2020 memberikan dampak signifikan terhadap sektor ekonomi global, terutama pada sektor Consumer Non-Cyclicals. Perubahan iklim dan pandemi meningkatkan minat konsumen pada produk ramah lingkungan, mendorong perusahaan untuk menerapkan CSR demi meningkatkan kinerja finansial jangka panjang. Perusahaan dengan reputasi baik dalam tanggung jawab sosial dan lingkungan cenderung mendapatkan kepercayaan lebih dari investor dan konsumen, yang pada akhirnya dapat meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan Environmental Performance (EN), Economic Performance (EC), dan Corporate Social Performance (SO) sebagai variabel independen terhadap nilai perusahaan sebagai variabel dependen. Penelitian ini melibatkan perusahaan pada sektor Consumer Non-Cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2020-2022. Sampel sebanyak 21 perusahaan atau 63 data dipilih melalui metode purposive sampling dengan memenuhi 2 kriteria yang telah ditetapkan. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel Environmental Performance (EN), Economic Performance (EC) dan Corporate Social performance (SO) tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, artinya baik adanya maupun tidak adanya pengungkapan Environmental Performance (EN), Economic Performance (EC) dan Corporate Social performance (SO) pada suatu perusahaan tidak akan mempengaruhi nilai perusahaan. Karena pengungkapan Environmental Performance (EN), Economic Performance (EC) dan Corporate Social performance (SO) dianggap kurang relevan dan menarik bagi investor. Sebagian besar investor lebih memperhatikan aspek keuangan seperti kinerja finansial dan profitabilitas perusahaan yang disampaikan dalam laporan keuangan perusahaan daripada Sustainability Report, karena dianggap lebih langsung mempengaruhi nilai perusahaan dalam jangka pendek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: nilai perusahaan, environmental performance, corporate social performance, economic performance
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 02 Oct 2024 14:21
Last Modified: 02 Oct 2024 14:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32517

Actions (login required)

View Item View Item