ANALISIS PERBANDINGAN USER EXPERIENCE APLIKASI TIX ID DAN M-TIX MENGGUNAKAN METODE UEQ (USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE)

Sarunan, Nathasya Anugrah (2024) ANALISIS PERBANDINGAN USER EXPERIENCE APLIKASI TIX ID DAN M-TIX MENGGUNAKAN METODE UEQ (USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Nathasya Anugrah Sarunan)
201710825_Bab 0.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
201710825_Bab 1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
201710825_Bab 2.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
201710825_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
201710825_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img]
Preview
Text
201710825_Bab 5.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

TIX ID dan M-Tix merupakan aplikasi mobile yang digunakan untuk melakukan pemesanan tiket bioskop online. TIX ID bekerja sama dengan beberapa bioskop di Indonesia seperti XXI, CGV dan Cinepolis, sedangkan M-Tix merupakan aplikasi khusus untuk bioskop XXI. Aplikasi TIX ID dan M-Tix telah diunduh sebanyak 10 juta kali di google store. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman pengguna (User Experience) dengan menganalisis faktor-faktor dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara. Responden yang terlibat yaitu sebanyak 105 yang didapatkan dari masyarakat umum. Hasil dari masing-masing aplikasi kemudian dibandingkan dan mendapatkan nilai rata-rata. Setelah dibandingkan, kedua aplikasi mendapatkan nilai yang positif untuk ke 6 aspek UEQ. Aplikasi TIX ID mendapatkan nilai rata-rata pada Daya Tarik (1,46), Kejelasan (1,51), Efisiensi (1,59), Ketepatan (1,46), Stimulasi (1,25), dan Kebaruan (0,81). Aplikasi M-Tix mendapatkan Daya Tarik (1,67), Kejelasan (1,77), Efisiensi (1,79), Ketepatan (1,63), Stimulasi (1,60), dan Kebaruan (1,16). Hasil benchmark TIX ID dan M-Tix mendapatkan nilai yang sama yaitu tertinggi pada aspek Efisiensi dan yang paling rendah pada aspek Kebaruan. Oleh karena itu berarti perlu dilakukan inovasi yang lebih baik pada kedua aplikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TIX ID; M-Tix; Tiket Bioskop Online; User Experience; User Experience Questionnaire
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 Oct 2024 17:13
Last Modified: 23 Oct 2024 17:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32687

Actions (login required)

View Item View Item