PENERIMAAN PENYANDANG TUNARUNGU DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DARING DENGAN UTAUT2

Windito, Paulus Pandu (2024) PENERIMAAN PENYANDANG TUNARUNGU DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DARING DENGAN UTAUT2. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Paulus Pandu Windito)
200710755_Bab 0.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200710755_Bab 1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
200710755_Bab 2.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
200710755_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
200710755_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
200710755_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
200710755_Bab 6.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Kemunculan teknologi pembelajaran daring memberikan kemudahan dan metode baru dalam penyelenggaraan pendidikan. Namun, kemudahan tersebut kurang bisa dirasakan beberapa kalangan masyarakat seperti tunarungu yang mengandalkan visual untuk menerima informasi. Hal ini terlihat jelas pada saat pandemi COVID-19 dimana pembelajaran terpaksa dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana tunarungu menerima teknologi pembelajaran daring, faktor yang memengaruhi, dan menawarkan solusi pengembangan dengan menggunakan metode UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology). Model yang telah dimodifikasi digunakan untuk mengidentifikasi bagaimana penerimaan tunarungu dengan mempertimbangkan aspek lainnya. Data dikumpulkan dari responden tunarungu yang pernah menggunakan pembelajaran daring untuk menggambarkan bagaimana tunarungu mengadaptasi teknologi pembelajaran daring dari pengalaman mereka. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor yang mendorong pengadopsian pembelajaran daring oleh tunarungu adalah habit. Penyandang tunarungu yang telah memiliki kebiasaan menggunakan teknologi pembelajaran daring memiliki keinginan penggunaan yang lebih tinggi. Namun, faktor lainnya tidak berpengaruh signifikan terhadap pengadopsian teknologi pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: UTAUT2, tunarungu, pembelajaran daring.
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 30 Oct 2024 17:04
Last Modified: 30 Oct 2024 17:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/32749

Actions (login required)

View Item View Item