Rizky, Thalia (2024) PERANCANGAN KEMASAN PRIMER DAN SEKUNDER MANISAN ROSALIA SALAK UNTUK MENINGKATKAN PERSEPSI KONSUMEN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
Text (Thalia Rizky)
200610533_Bab 0.pdf Download (179kB) |
|
Text
200610533_bab 1.pdf Download (376kB) |
|
Text
200610533_bab 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
200610533_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
|
Text
200610533_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text
200610533_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
|
Text
200610533_bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
200610533_bab 7.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
Text
200610533_bab 8.pdf Download (712kB) |
Abstract
Rosalia Salak merupakan usaha kecil mikro menengah yang memproduksi aneka olahan salak. Salah satu produknya adalah manisan salak. Produk manisan salak dipasarkan di wilayah Sleman dan sekitarnya. Permasalahan yang terdapat pada usaha ini yaitu tidak adanya peningkatan pada tiga tahun terakhir. Hal tersebut disebabkan kemasan produk yang kurang sesuai. Penelitian ini menerapkan metode rasional dan menggunakan tools Quality Function Deployment untuk merancang kemasan Manisan Rosalia Salak yang tidak hanya menarik, tetapi juga informatif dan memiliki material yang kokoh. Tahap awal penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data primer melalui observasi dan wawancara dengan stakeholder terkait, kemudian dilakukan identifikasi masalah. Setelah tahap identifikasi masalah, dilakukan kajian pustaka untuk memperoleh alternatif solusi. Berdasarkan hasil analisis komparatif, dipilihlah alternatif solusi yang paling relevan, yaitu perancangan desain kemasan produk Manisan Rosalia Salak. Tahap implementasi dilakukan dengan mengevaluasi desain kemasan yang telah dirancang melalui penyebaran kuesioner. Tujuannya adalah untuk mengukur sejauh mana desain tersebut memenuhi tujuan penelitian. Penelitian ini menghasilkan desain kemasan Manisan Rosalia Salak yang memenuhi persepsi konsumen terkait informasi produk yang terjadi peningkatan sebesar 65%. Persentase awal persepsi konsumen terhadap informasi pada kemasan produk yaitu 31% menjadi 96%. Terjadi peningkatan persepsi konsumen terkait material kemasan sebesar 44%. Persentase awal persepsi konsumen terhadap material kemasan produk yaitu 46% menjadi 90%. Proses perancangan dilakukan dengan memanfaatkan software Adobe Photoshop Illustrator dan Smartmockups. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi UMKM lain dalam upaya pengenalan produk kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan, Metode rasional , Kemasan |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 13:36 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 13:36 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33245 |
Actions (login required)
View Item |