PENGARUH MEDIA MASSA DAN MEDIA DIGITAL TERHADAP PERSEPSI PUBLIK TENTANG PENYELENGGARAAN PEMILU CAPRES-CAWAPRES 2024

Yuvendeo, Hilarius Pramanda (2024) PENGARUH MEDIA MASSA DAN MEDIA DIGITAL TERHADAP PERSEPSI PUBLIK TENTANG PENYELENGGARAAN PEMILU CAPRES-CAWAPRES 2024. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Hilarius Pramanda Yuvendeo)
225508156_Bab 0.pdf

Download (753kB)
[img] Text
225508156_Bab 1.pdf

Download (713kB)
[img] Text
225508156_Bab 2.pdf

Download (501kB)
[img] Text
225508156_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
225508156_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
225508156_Bab 5.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media massa dan media digital terhadap persepsi publik tentang penyelenggaraan pemilu capres-cawapres 2024. Pemilu merupakan kontestasi untuk menjaga keutuhan dan kelestarian negara yang demokratis. Penelitian ini menggunakan Cultivation Theory dengan indikator Resonansi (Resonance) dan Pengarusutamaan Media (Mainstreaming). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatif. Metode yang digunakan adalah survei menggunakan kuesioner online melalui google form. Pengaruh media massa dan media digital terhadap persepsi publik berdasarkan lokasi daftar pemilih tetap menunjukkan tingkat pengaruh pada media sosial Resonansi (Resonance) tertinggi di Kota Yogyakarta. Media massa Resonansi (Resonance) tertinggi di Kota Yogyakarta. Media online Resonansi (Resonance) tertinggi di Kabupaten Kulon Progo. Tingkat pengaruh tertinggi pada media sosial Pengarusutamaan Media (Mainstreaming) di Kabupaten Sleman. Media massa Pengarusutamaan Media (Mainstreaming) tertinggi di Kabupaten Kulon Progo. Media online Pengarusutamaan Media (Mainstreaming) tertinggi di Kota Yogyakarta. Pengaruh media massa dan media digital terhadap persepsi publik berdasarkan generasi (tahun kelahiran) menunjukkan tingkat pengaruh tertinggi media sosial Resonansi (Resonance) pada generasi Baby Boomers. Tingkat pengaruh tertinggi media massa Resonansi (Resonance) pada generasi Baby Boomers. Tingkat pengaruh tertinggi media online Resonansi (Resonance) pada generasi Millenial. Media sosial Pengarusutamaan Media (Mainstreaming) tertinggi pada generasi Z. Media massa Pengarusutamaan Media (Mainstreaming) tertinggi pada generasi Z. Media online Pengarusutamaan Media (Mainstreaming) tertinggi pada generasi Z. Pada media online Resonansi (Resonance), media sosial Pengarusutamaan Media (Mainstreaming), media massa Pengarusutamaan Media (Mainstreaming) menunjukkan tidak ada pengaruh kuat pada generasi Baby Boomers.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Cultivation Theory, Pengarusutamaan Media (Mainstreaming), Media Digital, Media Massa, Pemilu, Persepsi Publik, Resonansi (Resonance)
Subjects: Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Media Digital
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Mar 2025 08:55
Last Modified: 07 Mar 2025 08:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33658

Actions (login required)

View Item View Item