Bryan, . (2024) PENGARUH ULASAN DAN RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APLIKASI TRAVELOKA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
![]() |
Text (Bryan)
200325362_Bab 0.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
200325362_Bab 1.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
200325362_Bab 2.pdf Download (515kB) |
![]() |
Text
200325362_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
![]() |
Text
200325362_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
![]() |
Text
200325362_Bab 5.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ulasan dan rating terhadap keputusan pembelian di aplikasi traveloka. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probabilitay,yaitu teknik purposive sampling dan data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner menggunakan google formulir yang disebarkan melalui media sosial memperoleh sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26.0. Hasil penelitian memperoleh nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,669 yang berarti bahwa variabel ulasan (X1) dan rating (X2) mempunyai pengaruh sebesar 66,90% terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel ulasan (X1) menghasilkan nilai thitung < ttabel (5,908 > 1,985) dan nilai sig. > taraf signifikansi (0,000 > 0,05), sementara untuk variabel rating (X2) menghasilkan nilai thitung > ttabel (5,510 > 1,985) dan nilai sig. > taraf signifikansi (0,000 < 0,05). Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel ulasan (X1) dan rating (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (97,964 > 3,09) dan nilai sig. < taraf signifikansi (0,000 < 0,05). Oleh karena itu, berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa ulasan dan rating secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ulasan, rating, keputusan pembelian |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 09:35 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 09:35 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |