PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN SEKTOR ENERGI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2019 – 2023)

Jufrianta S, Gabriel Hendrikus (2024) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN SEKTOR ENERGI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2019 – 2023). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Gabriel Hendrikus Jufrianta S)
200325681_Bab 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
200325681_Bab 1.pdf

Download (477kB)
[img] Text
200325681_Bab 2.pdf

Download (533kB)
[img] Text
200325681_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
200325681_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
200325681_Bab 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan, pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas dalam memoderasi hubungan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas dalam memoderasi hubungan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahan pertambangan di sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan analysis moderated regression dengan SPSS for Windows 27.0. Sampel dalam penelitian ini menggunakan laporan tahunan pada 25 perusahaan dari 45 perusahaan pertambangan di sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2019-2023 dengan jumlah pengamatan sebesar 125 sampel, dan dipilih menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menjelaskan, bahwa corporate social responsibility berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas tidak mampu memoderasi hubungan corporate social responsibility, dan nilai perusahaan, profitabilitas mampu memoderasi secara positif signifikan hubungan ukuran perusahaan, dan nilai perusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman bahwa perusahaan lebih terbuka terhadap informasi tanggung jawab sosial, dan lingkungan dengan pengukuran yang lebih terbaru, dan didasarkan pada ketentuan yang berlaku. Kemudian perusahaan diperlukan untuk melihat dari teknis fundamental dengan artian perusahaan mengulas kembali pada sisi jangka panjang, dan tidak hanya melihat dari sisi jangka pendek dalam meningkatkan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Profitabilitas.
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 21 Mar 2025 08:42
Last Modified: 21 Mar 2025 08:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33868

Actions (login required)

View Item View Item