PENGARUH AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT UNTUK MENDAFTAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Hartini, Puji (2025) PENGARUH AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT UNTUK MENDAFTAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Puji Hartini)
235027831_Bab 0.pdf

Download (775kB)
[img] Text
235027831_Bab 1.pdf

Download (489kB)
[img] Text
235027831_Bab 2.pdf

Download (811kB)
[img] Text
235027831_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
235027831_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
235027831_Bab 5.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemasaran dengan menggunakan aktivitas pemasaran dengan menggunakan media sosial (Social media marketing activities/SMMA) dilakukan untuk menjaring peserta didik yang merupakan generasi Z dimana aktivitas keseharian mereka lebih banyak dengan menggunakan perangkat seluler dan digital. Hal ini merupakan peluang bagi institusi pendidikan untuk memperkenalkan program yang bagus dan menciptakan daya tarik bagi calon peserta didik baru untuk mengaksesnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran SMMA terhadap niat untuk mendaftar dengan mediasi kepuasan konsumen, kesadaran merek dan citra merek. Pengumpulan data dilakukan secara daring melalui google form dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Pertanyaan penelitian disampaikan secara online dengan menggunakan google form dengan menggunakan skala likert 1-5. Sebanyak 715 sampel penelitian direkrut dengan menggunakan metode purposive sampling. Karakteristik sampel yang dijadikan responden adalah konsumen yang pernah mengakses sosial media sekolah Marsudirini. Penelitian ini menggunakan alat analisis statistik SmartPLS untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan SMMA memegaruhi niat untuk mendaftar secara signifikan. Variabel pemediasi kepuasan konsumen dan citra merek memengaruhi hubungan SMMA dan niat untuk mendaftar. Sedangkan Variabel kesadaran merek tidak memengaruhi niat untuk mendaftar baik pada efek langsung maupun sebagai variable pemediasi. Implikasi manajerial pada penelitian ini dapat digunakan untuk sekolah mengatur strategi konten yang lebih menarik dan platform insagram, whatsapp dan youtube yang disesuaikan dengan karakteristik generasi z.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SMMA, Kepuasan konsumen, Kesadaran merek, Citra merek, Niat untuk Mendaftar.
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Apr 2025 11:14
Last Modified: 07 Apr 2025 11:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/33908

Actions (login required)

View Item View Item