ANALISIS PROFITABILITAS PELANGGAN KELOMPOK INDUSTRI PT. PLN AREA PELAYANAN DAN JARINGAN YOGYAKARTA

Pumpun, Febryanti Angelia (2009) ANALISIS PROFITABILITAS PELANGGAN KELOMPOK INDUSTRI PT. PLN AREA PELAYANAN DAN JARINGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EA15117.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EA15117.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EA15117.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EA15117.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (Bab IV)
4EA15117.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EA15117.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelanggan mana pada jenis pelanggan industri yang memberikan kontribusi yang terbesar terhadap laba PLN tahun 2007. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Customer Profitability Analysis yang meliputi langkah-langkash sebagai berikut: (a) Mengidentifikasi dan mengelompokan pelanggan berdasarkan daya tersambung , (b) Mengidentifikasi pendapatan, HPP, potongan/insentif, dan subsidi dan menghitung laba kotor setiap kelompok pelanggan, (c) Alokasi biaya langsung kepada pelanggan industri, (d) Alokasi biaya tidak langsung pelanggan industri ke setiap kelompok pelanggan, (e) Menghitung laba bersih setiap kelompok pelanggan dan menentukan ranking berdasarkan profitabilitas tertinggi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka diketahui pelanggan yang memiliki prosentase profitabilitas terbesar adalah kelompok pelanggan dengan golongan tarif I.1 >2.200 VA sebesar 22,82 %. Kelompok pelanggan dengan golongan tarif I.3 >200 kVA merupakan kelompok dengan pendapatan bersih dan laba bersih terbesar tetapi tidak memiliki prosentase profitabilitas tertinggi yaitu 13,42. Analisis laba pelanggan pada penelitian ini memberikan gambaran kepada PLN tentang bagaimana posisi pelanggan yang dimilikinya terhadap laba laba perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: customer profitability analysis
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Aug 2013 13:33
Last Modified: 02 Aug 2013 13:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3493

Actions (login required)

View Item View Item