HUBUNGAN ANTARA IKLAN PROMO DISKON MATAHARI DI HARIAN KOMPAS DENGAN MINAT BELI MAHASISWI PEMBACA KOMPAS FISIP UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA (Studi Korelasional Antara Tingkat Kemenarikan Promo Diskon Matahari Yang Dilihat Dari Bentuk Iklan, Besar Diskon, Naskah, Lay Out Dengan Minat Membeli Mahasiswi Pembaca Kompas Terhadap Produk Matahari)

Yudaningastuti, Ignatia Maria Agni (2005) HUBUNGAN ANTARA IKLAN PROMO DISKON MATAHARI DI HARIAN KOMPAS DENGAN MINAT BELI MAHASISWI PEMBACA KOMPAS FISIP UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA (Studi Korelasional Antara Tingkat Kemenarikan Promo Diskon Matahari Yang Dilihat Dari Bentuk Iklan, Besar Diskon, Naskah, Lay Out Dengan Minat Membeli Mahasiswi Pembaca Kompas Terhadap Produk Matahari). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM01427.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM01427.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM01427.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM01427.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM01427.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah mengeuai hubungan antara iklan promo diskon Matahari di harian Kompas dengan mint bdi mahasiswi pembaca haiian Kompas FISIP UAJY. Latar belakang diadakannya penelitian mi adalah semakin banyak department store di wilayah Indonesia, dengan begitu persaingan antar department store untuk menarik konsumen semakin ketat. Matahati memrliki program diskon yang diadakan setiap bulannya dan pada saat event event besar yang ada di Indonesia dan seringnya Matahari mengadakan iklan promo diskon, peneliti igin mengetahui apakah iklan yang ditampilkan memiliki hubungan serta besar peran iklan promo diskon tearhadap rninat beli mahasiswi pembaca harian Kompas FISIP UAJY. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kuantitatif. Data-data yang diperlukan berupa data dari hash kuesioner, harian Kompas, internet dan juga kepustakaaan. Sampel yang diambil sebanyak 151 responden dan mereka semua pernah membaca harian Kompas ataupun melihat iklan promo diskon Matahari dari bulan Januari - Mei 2005. Kemudian dari data-data yang telah tersedia dilakukan analisis data dengan menggunakan metode korelasi pearson dan regresi berganda. Penelitian dilaknkan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Atma Jaya, karena sampel yang diambil mnembaca harian Kompas dimana iklan promo diskon Matahari selalu beriklan pada harian Kompas. Selain itu mahasiswi Fisip UAJY memiliki tingkat ekonomi yang baik dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklan promo diskon Matahari (yang dilihat dari indikator kemenarikan bentuk iklan, kemenarikan besar diskon, kemenarikan naskah iklan dan kemenarikan lay out) dengan minat beli mahasiswi Fisipol pembaca harian Kompas (dengan indikator motivasi, ketertarikan, keinginan, kesenangan atas sesuatu dan pemenuhan dorongan atas suatu kebutuhan). Hal ini berarti semakin tinggi kemenarikan iklan promo diskon, maka semakin tinggi pula, minat beli mahasiswi Fisipol pembaca harian Kompas UAJY. Dan terdapat peranan iklan promo diskon Matahari (yang dillhat dari indikator kemenarikan bentuk iklan, kemenatikan besar diskon, kemenarikan naskah iklan dan kemenarikan lay out) tediadap minat beli (dengan indikator motivasi, ketertarikan, keinginan, kesenangan atas sesuatu dan pemenuhan dorongan atas suatu kebutuhan) mahasiswi pembaca harian Kompas Fisipol UAJY sebesar 0,336 atau 33,6% dan faktor-faktor lainnya yang berperan terhadap minat bell sebesar 66,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Aug 2013 11:15
Last Modified: 26 Aug 2013 11:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3694

Actions (login required)

View Item View Item