PENGEMBANGAN APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN ASURANSI DENGAN KONSEP OBJECT RELATIONAL DATABASE

Jalulaga, Anggisesa (2007) PENGEMBANGAN APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN ASURANSI DENGAN KONSEP OBJECT RELATIONAL DATABASE. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TF03712.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TF03712.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TF03712.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TF03712.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text (Bab IV)
4TF03712.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5TF03712.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perusahan asuransi adalah perusahaan yang bersifat customer based company. Dalam kelangsungan roda bisnis yang dijalaninya, perusahaan asuransi melibatkan banyak pelaku di dalamnya, diantaranya adalah perusahaan itu sendiri (yang didalamnya meliputi eksekutif dan marketinglsaleslagen), perusahan mitra, dan customer sebagai konsuint n dari rasa yang ditawarkan. Dengan berkembangnya perusahaan dan semakin banyaknya customer yang dimilikinya, maka diperlukan pula teknologi yang mampu menunjang pengelolaan terhadap relasi dengan klien-nya. Salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan di atas adalah dengan mengimp ementasikan aplikasi Customer Relationship Management (CRM). Aplikasi CRM membantu dalam proses mengelola dan pengambilan keputusan bisnis yang strategis, tern diiid dalam kaitannya iiftuk iiienjaga huhungan baik dengan pihak customer. Prinsip utazna dari CRM itu sendiri adalah "pelanggan bukan hanya perlu didapatkan, tetapi juga pen-ting untuk dipertahankan sehingga pada akhirnya akan meningkatkan long-term value bagi perusahaan tersebut. Perangk-at Lunak ini mengambil business process dari PT. Asuransi Allianz Life Indonesia dengan tujuan memudahkan dalam melakukan pengelolaan atau manajemen untuk membina hubungan baik dengan customer, meliputi pencatatan, penyimpanan, pencarian, serta memberikan laporan yang aktuai dan informatif terhadap data-data yang berhubungan dengan relasi anta-ra Perusahaan dan customer. Perangkat lunak dikembangkan dengan menggunakan teknologi ASP Net 2005 dengan bahasa pemrograman C# dan Oracle 9i yang bertindak sebagai media penyimpan basis data. Karena sifatnya berbasis web, maka perangkat lunak ini mampu menyaiing pengguna yang masuk ke sistem sesuai dengan otoritasnya. Sistem basis data yang digunakan yaitu Object- Relational Database Management System (ORDBMS), yang dimaksudkan agar pemodelan basis data lebih dekat dengan Object-Oriented Programming dengan fitur seperti Inheritance, Encapsulation, dan Reusable.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CRM, Object-Relational Database Management System, Allianz.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Sep 2013 10:18
Last Modified: 03 Sep 2013 10:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3783

Actions (login required)

View Item View Item