PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN KONSEP OBJECT RELATIONAL DATABASE

Situmeang, Oktavianus (2007) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN KONSEP OBJECT RELATIONAL DATABASE. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TF03912.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TF03912.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TF03912.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TF03912.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (Bab IV)
4TF03912.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5TF03912.pdf

Download (780kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membangun perangkat lunak Custoer Care Web Based Information System (CCWebIS) yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan PDAM dengan mengelola data pelanggan dan pengelolaan setiap transaksi yang berhubungan dengan pelanggan yang terjadi di PDAM Tirta Marta yaitu pasang baru, balik nama dan pembayaran untuk tiap-tiap transaksi. CCWebIS berfungsi untuk mengubah sistem manajemen dokumen yang berbasis paper-based model ke suatu solusi digital-based model yang akan mengurangi biaya maupun waktu keterlambatan dan kesalahan yang terjadi serta akan meningkatkan keamanan dan keakuratan dokumen yang berkaitan dengan transaksi pelanggan PDAM Tirta Marta. CCWebIS dikembangkan dengan menggunakan teknologi ASP.NET dengan bahasa pemrograman C# dan Oracle 9i yang bertindak sebagai media penyimpan basis data. Konsep basis data yang digunakan yaitu Object Relational Database Management System. Dengan keberadaan CCWebIS berbasis Web, secara keseluruhan proses pengelolaan data transaksi yang dilakukan pelanggan PDAM Tirta Marta dapat berjalan dengan aman karena hanya dapat diakses orang dengan otorisasi tertentu. Penggunaan Object Relational Database sebagai teknologi basis data dapat mempercepat pengaksesan data sehingga memperlancar proses pengelolaan data transaksi pelanggan yang dapat meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan PDAM Tirta Marta secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CCWebIS, object relational database, berbasis Web
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2013 08:09
Last Modified: 05 Sep 2013 08:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3801

Actions (login required)

View Item View Item