ANALISIS KETERLIBATAN KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PARFUM

Kartika, Yoan (2006) ANALISIS KETERLIBATAN KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PARFUM. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM14671.pdf

Download (170Kb)
[img] Text (Bab I)
1EM14671.pdf

Download (170Kb)
[img] Text (Bab II)
2EM14671.pdf

Download (183Kb)
[img] Text (Bab III)
3EM14671.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EM14671.pdf

Download (323Kb)

Abstract

Keterlibatan adalah tingkat kepentingan pribadi yang dirasakan atau minat yang dibangkitkan oleh stimulus di dalam situasi spesifik. Willkie (1990), mendefinisikan keterlibatan konsumen dalam proses pengambilan keputusan sebagai kekuatan dimana seseorang mengalami kegiatan yang terkait dengan konsumsi. Sedangkan Mowen (2002), mendefinisikan bahwa keterlibatan konsumen adalah pribadi yang dirasakan penting dan atau minat konsumen terhadap perolehan, konsumsi, dan disposisi barang, jasa atau ide. Variabel yang mempengaruhi keterlibatan konsumen menurut Ardianto (2000), terdiri dari lima faktor yaitu faktor minat, faktor hedonik, faktor fungsi, faktor simbol, dan faktor nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterlibatan konsumen dalam proses pembelian parfum, serta untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat keterlibatan konsumen ditinjau dari perbedaan karakteristik demografi. Hasil temuan dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: responden dalam penelitian ini memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi dalam pemilihan produk parfum. Hasil uji beda yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat pebedaan keterlibatan konsumen pada variabel simbol ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Berdasarkan tingkat pendidikan terdapat perbedaan keterlibatan konsumen pada variabel fungsi dan simbol, dan terdapat perbedaan tingkat keterlibatan pada variabel minat dan simbol dinjau dari perbedaan tingkat penghasilan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan bagi pihak manajemen perusahaan parfum sebagai bahan pertimbangan dalam merancang strategi pemasaran produk perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat, Hedonis, Fungsi, Simbol, Nilai, Keterlibatan Konsumen
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Oct 2013 13:06
Last Modified: 14 Oct 2013 13:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4053

Actions (login required)

View Item View Item