Kartika, Yoan (2006) ANALISIS KETERLIBATAN KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PARFUM. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0EM14671.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1EM14671.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2EM14671.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3EM14671.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4EM14671.pdf Download (331kB) | Preview |
Abstract
Keterlibatan adalah tingkat kepentingan pribadi yang dirasakan atau minat yang dibangkitkan oleh stimulus di dalam situasi spesifik. Willkie (1990), mendefinisikan keterlibatan konsumen dalam proses pengambilan keputusan sebagai kekuatan dimana seseorang mengalami kegiatan yang terkait dengan konsumsi. Sedangkan Mowen (2002), mendefinisikan bahwa keterlibatan konsumen adalah pribadi yang dirasakan penting dan atau minat konsumen terhadap perolehan, konsumsi, dan disposisi barang, jasa atau ide. Variabel yang mempengaruhi keterlibatan konsumen menurut Ardianto (2000), terdiri dari lima faktor yaitu faktor minat, faktor hedonik, faktor fungsi, faktor simbol, dan faktor nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterlibatan konsumen dalam proses pembelian parfum, serta untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat keterlibatan konsumen ditinjau dari perbedaan karakteristik demografi. Hasil temuan dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: responden dalam penelitian ini memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi dalam pemilihan produk parfum. Hasil uji beda yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat pebedaan keterlibatan konsumen pada variabel simbol ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Berdasarkan tingkat pendidikan terdapat perbedaan keterlibatan konsumen pada variabel fungsi dan simbol, dan terdapat perbedaan tingkat keterlibatan pada variabel minat dan simbol dinjau dari perbedaan tingkat penghasilan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan bagi pihak manajemen perusahaan parfum sebagai bahan pertimbangan dalam merancang strategi pemasaran produk perusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Hedonis, Fungsi, Simbol, Nilai, Keterlibatan Konsumen |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 14 Oct 2013 13:06 |
Last Modified: | 14 Oct 2013 13:06 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4053 |
Actions (login required)
View Item |