PENGARUH PERIKLANAN PADA MEDIA TELEVISI TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN YANG DITINJAU DARI FAKTOR DEMOGRAFIS (JENIS KELAMIN, USIA, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENDAPATAN)

Utomo, Suryo (2006) PENGARUH PERIKLANAN PADA MEDIA TELEVISI TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN YANG DITINJAU DARI FAKTOR DEMOGRAFIS (JENIS KELAMIN, USIA, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENDAPATAN). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM08115.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM08115.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM08115.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM08115.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM08115.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM08115.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh periklaan di televisi terhadap persepsi konsumen. Selain itu penelitian ini juga digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan persepsi konsumen tentang periklanan di televisi ditinjau dari perbedaan karakteristik demografi responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) telaah/kajian literature, (2) survei lapangan, dan (3) kuisioner yang digunakan untuk meminta pendapat responden yang menjadi obyek dalam penelitian ini. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa periklanan di televisi memiliki pengaruh yang nyata terhadap persepsi konsumen yaitu sebesar 74%. Faktor periklanan yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen adalah faktor informasi tentang pasar, faktor keyakinan dalam melakukan pembelian, dan faktor kesesuaian nilai. Sedangkan faktor periklanan yang memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap persepsi konsumen adalah faktor manipulasi. Hasil uji perbedaan persepsi konsumen terhadap periklan di televisi dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan persepsi konsumen terhadap periklanan ditinjau dari perbedaan jenis kelamin, dan tingkat pendidikan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan masukan bagi pihak pemasar maupun perusahaan terutama mengenai strategi promosi dengan menggunakan periklanan terutama periklanan melalui media televisi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: informasi tentang pasar, keyakinan dalam melakukan pembelian, informasi tentang imej sosial, nilai hiburan, materialisme, kesesusian nilai, pengaruh pada anak-anak, pengaruh ekonomi, dukungan terhadap siaran televisi, dan manipulasi.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Oct 2013 09:30
Last Modified: 21 Oct 2013 09:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4090

Actions (login required)

View Item View Item