EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN PELAYANAN BUS TRANS JOGJA DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Pardiman, Alvian Wisudawan (2013) EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN PELAYANAN BUS TRANS JOGJA DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS13237.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS13237.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS13237.pdf

Download (684kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS13237.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4TS13237.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (Bab V)
5TS13237.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS13237.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII)
7TS13237.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN PELAYANAN BUS TRANS JOGJA DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD), Alvian Wisudawan Pardiman, NPM 09.02.13237, Tahun 2013, Bidang Peminatan Transportasi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pertumbuhan penduduk dan perkembangan DI Yogyakarta yang terus berlangsung, telah meningkatkan pula mobilitas dengan berbagai macam aktivitas di dalamnya. Secara tidak langsung, aktivitas ini akan memicu terjadinya permintaan angkutan umum yang memadai dan bisa diandalkan. Pemerintah DIY berusaha mengatasi hal tersebut dengan menyediakan angkutan massal Bus Trans Jogja (BTJ) yang merupakan sebuah terobosan baru untuk meningkatkan kualitas angkutan umum di daerah DIY yang sekarang ini cenderung dalam kondisi tidak tertata dengan baik. Adanya keinginan untuk peningkatan dan pengembangan kualitas layanan transportasi bus melalui tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan pelanggan dan menghubungkannya dengan respon-respon teknis yang diberikan, sehingga dapat digunakan untuk peningkatan dan pengembangan kualitas, baik dari sisi operasionalnya maupun pelayanannya. Sisi kinerja operasional Bus Trans Jogja yang diteliti adalah kecepatan rata-rata, load factor, headway dan waktu tunggu pada trayek 1A dan 3A dimana pengambilan data dilakukan dengan cara survei langsung di dalam bus dan diluar bus. Data selanjutnya dianalisis dan dibandingkan dengan indikator dan tolak ukur dari aspek pelayanan yang telah ada, sedangkan sisi pelayanan dinilai dengan metode quality function deployment (QFD) menggunakan teknik kuesioner dan wawancara dimana berdasarkan respon dari 120 orang yang menjadi responden yang menilai poin-poin persyaratan pelanggan dan hasil wawancara dengan pihak Trans Jogja yang menilai poin persyaratan teknik untuk selanjutnya dibuat matriks house of quality (HOQ) yang menjadi dasar dari metode QFD ini. Hasil evaluasi kinerja rata-rata keseluruhan load factor yaitu 55,68% dan 63,25% untuk 1A dan 3A. Rata-rata total untuk perhitungan kecepatan rata-rata adalah 25,428 dan 25,743 km/jam pada 1A dan 3A. Rata-rata total untuk perhitungan headway adalah 13,01 dan 14,65 pada trayek 1A dan 3A. Rata-rata total untuk waktu tunggu penumpang adalah 6,51 menit pada trayek 1A dan 7,33 menit untuk jalur 3A. Sesuai dengan pengerjaan metode QFD maka urutan atribut pelayanan yang harus dan segera diperbaiki dan dimaksimalkan kualitasnya menurut urutan prioritas pelanggan yang tertera dalam matriks HOQ adalah: keamanan & keselamatan, kemudahan saat naik/turun, kondisi fasilitas bus, kecepatan angkutan, harga tiket, waktu pelayanan perjalanan; keramahan pegawai di shelter; pelayanan pegawai selama di bus; waktu tunggu di shelter; fasilitas shelter dan kepastian mendapatkan tempat duduk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: trans jogja, evaluasi kinerja, operasional, pelayanan, quality function of deployment (QFD), matriks house of quality (HOQ).
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Nov 2013 13:24
Last Modified: 21 Nov 2013 13:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4393

Actions (login required)

View Item View Item