ANALISIS KEANDALAN MASINIS DAOP VI YOGYAKARTA DENGAN METODE HEART

Marinda, Jean Pama (2013) ANALISIS KEANDALAN MASINIS DAOP VI YOGYAKARTA DENGAN METODE HEART. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TI05864.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TI05864.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TI05864.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TI05864.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (Bab IV)
4TI05864.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (Bab V)
5TI05864.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TI05864.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

PT. Kereta Api merupakan salah satu perusahaan yang mengelola transportasi darat, yaitu Kereta Api. Perusahaan ini memiliki visi terwujudnya kereta api sebagai pilihan utama jasa transportasi dengan fokus pelayanan. Berdasarkan hal tersebut PT. Kereta Api Indonesia mencoba memberikan pelayanan terbaik untuk menjaga keselamatan penumpang. DAOP (Daerah Operasi) VI Yogyakarta merupakan salah satu bagian dari PT. KAI yang terletak di wilayah Yogyakarta. Kecelakaan kereta api atau peristiwa luar biasa DAOP VI Yogyakarta juga masih sering terjadi. Penyebab kecelakaan tersebut bisa saja disebabkan oleh Human Error, yaitu masinis error. Tetapi semuanya itu bisa dibuktikan dengan menilai keandalan masinis tersebut. Dari hasil wawancara, masinis DAOP VI Yogyakarta belum pernah diteliti seberapa besar tingkat keandalannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode HEART (Human Error Assessment and Reduction Technique) yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja seorang masinis sehingga melakukan kesalahan atau human error, mengetahui tingkat keandalan masinis pada saat mengemudikan kereta api, dan memberikan rekomendasi perbaikan terhadap sistem kerja masinis DAOP VI Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah nilai Human Error Probability dari masinis saat mengemudikan kereta api adalah sebesar 0,000001. Masinis memiliki probabilitas melakukan kesalahan yang kecil atau dengan kata lain keandalannya kategori tinggi (R mendekati 1) yaitu 0,9999992. Rekomendasi untuk faktor yang mempunyai HEP terbesar, yaitu faktor dimana jarak pandang terbatas akibat cuaca buruk adalah seharusnya masinis memberhentikan kereta api di stasiun terdekat dan PT.KAI harus segera memasang sistem peringatan/alatalat yang berhubungan dengan operasional kereta api agar mencegah terjadinya kecelakaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Human Error, HEART, Human Error Probability, Rekomendasi
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Nov 2013 10:54
Last Modified: 25 Nov 2013 10:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4418

Actions (login required)

View Item View Item