Arisandi , Alvin Desty (2013) PERAN BRAND PLACEMENT MELALUI MEDIA FILM DALAM MENCIPTAKAN BRAND IMAGE (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Brand Placement Audi Pada Film Transporter 3 dalam Menciptakan Brand Image Audi di benak Audience). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03653.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03653.pdf Download (139kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03653.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03653.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03653.pdf Download (591kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi pemasaran merupakan hal utama yang berperan dalam membentuk citra suatu merek dan berpengaruh dalam peningkatan angka penjualan. Perkembangan teknologi, pola perilaku konsumen serta semakin gencarnya persaingan menuntut para produsen dan pemasar untuk terus berinovasi dan melakukan kegiatan pemasran dengan berbagai strategi baru yang kreatif. Salah satu strategi yang dilakukan produsen adalah dengan melakukan strategi brand placement. Brand placementAudi pada film Transporter 3 menjadi strategi penyampain informasi yang digunakan sebagai pembentuk image Audi. Penempatan merek (brand placement) Audi pada film Transporter 3 berupa fitur-fitur dan kecanggihan yang dimiliki oleh Audi. Strategi brand placement yang dilakukan oleh Audi pada film Transporter 3 mampu menciptakan image Audi dibenak audience. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori jarum hipodermik dengan tujuan untuk melihat peran brand placement Audi pada film Transporter 3 dalam menciptakan image Audi di benak audience. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan FGD (focus group discussion) sebagai teknik pengumpulan data. Subyek penelitian ini terdiri dari 12 informan yang berada dalam satu kelompok. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, brand placement Audi pada film Transporter 3 berperan sebagai penyampai informasi tentang Audi. Penyampaian informasi terjadi melalui unsur-unsur pembentuk film, yaitu tokoh utama sebagai pengguna Audi dan alur cerita film tersebut. Informasi yang diterima dapat menciptakan image Audi di benak audience. Image Audi yang tercipta di benak audience terbentuk melalui asosiasi-asosiasi dan beberapa unsur pembentuk film. Image yang terbentuk di benak audience adalah : Audi merupakan mobil mewah dan kuat yang cocok digunakan bagi kalangan atas dengan umur 30 tahun ke atas yang menggunakan jas dan dasi. Kesimpulan penelitian ini adalah, brand placement Audi pada film Transporter 3 dapat membentuk image Audi di benak audience yang menonton film tersebut, di mana brand placement berperan sebagai penyampai informasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | brand placement, film, brand image |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 13 Feb 2014 07:35 |
Last Modified: | 13 Feb 2014 07:35 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/4668 |
Actions (login required)
View Item |