FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT, PENDUKUNG, PENENTU KEGAGALAN DAN KEBERHASILAN ENTREPRENEURSHIP DALAM DUNIA KONSTRUKSI

Apidana, Gregrorius Fajar (2012) FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT, PENDUKUNG, PENENTU KEGAGALAN DAN KEBERHASILAN ENTREPRENEURSHIP DALAM DUNIA KONSTRUKSI. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judl)
0MTS01575.pdf

Download (911Kb)
[img] Text (Bab I)
1MTS01575.pdf

Download (245Kb)
[img] Text (Bab II)
2MTS01575.pdf

Download (798Kb)
[img] Text (Bab III)
3MTS01575.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349Kb)
[img] Text (Bab IV)
4MTS01575.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1460Kb)
[img] Text (Bab V)
5MTS01575.pdf

Download (299Kb)

Abstract

Jumlah lulusan perguruan tinggi tiap tahun semakin banyak, sedangkan lapangan pekerjaan yang tersedia jumlahnya terbatas. Untuk mengatasi masalah pengangguran perlu dilakukan penambahan lapangan pekerjaan, salah satunya dengan menjadi entrepreneur. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menghambat dan mendukung entrepreneurship dan faktor-faktor yang dapat menentukan kegagalan dan keberhasilan entrepreneurship dalam bidang konstruksi. Penelitian ini juga melakukan kajian mengenai hubungan antara faktor-faktor yang dapat menghambat dan mendukung entrepreneurship dengan faktor-faktor yang dapat menentukan kegagalan dan keberhasilan entrepreneurship dalam bidang konstruksi. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Penyebaran kuesioner ditujukan kepada direktur utama, pemimpin perusahaan atau pemilik perusahaan dalam bidang konstruksi yang berada di daerah Yogyakarta. Metode analisis yang digunakan adalah nilai ratarata (mean), standar deviasi dan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urutan faktor penghambat entrepreneurship dalam bidang konstruksi adalah faktor lapangan, faktor organisasi dan faktor lokasi/pasar. Faktor pendukung entrepreneurship dalam bidang konstruksi secara berurutan adalah faktor manusia (SDM), faktor perencanaan, faktor pemasaran, faktor organisasi, faktor kreativitas, faktor keuangan, faktor lapangan dan faktor lokasi/pasar. Faktor penentu kegagalan entrepreneurship dalam bidang konstruksi secara berurutan adalah faktor lapangan dan faktor organisasi. Faktor penentu keberhasilan entrepreneurship dalam bidang konstruksi secara berurutan adalah faktor perencanaan, faktor manusia (SDM), faktor organisasi, faktor pemasaran, faktor kreativitas, faktor keuangan, faktor lapangan dan faktor lokasi/pasar. Korelasi antara faktor-faktor yang dapat menghambat dan mendukung entrepreneurship dengan faktor-faktor yang dapat menentukan kegagalan dan keberhasilan entrepreneurship dalam bidang konstruksi adalah “sangat kuat” dan terdapat hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: faktor penghambat, faktor pendukung, penentu kegagalan, penentu keberhasilan, entrepreneurship, direktur utama, pemimpin perusahaan, pemilik perusahaan, bidang konstruksi, Yogyakarta.
Subjects: Magister Teknik Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Apr 2013 13:46
Last Modified: 03 May 2013 09:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item