PERSEPSI SKATER TENTANG FUNCTIONAL BRAND DALAM BRAND LOKAL DAN BRAND GLOBAL (Studi Netnography tentang Persepsi Functional Brand Skateboard “Element” dan “Puppets” dalam Website Skateboard www.skate.indonesianforum.net di Indonesia)

AJI, STEFANUS ERNOMO (2012) PERSEPSI SKATER TENTANG FUNCTIONAL BRAND DALAM BRAND LOKAL DAN BRAND GLOBAL (Studi Netnography tentang Persepsi Functional Brand Skateboard “Element” dan “Puppets” dalam Website Skateboard www.skate.indonesianforum.net di Indonesia). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02257.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02257.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02257.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02257.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02257.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelami persepsi skater lokal terhadap functional brand lokal Puppets skateboarding yang baru terjun ke pasar Indonesia yang bersaing dengan brand global Element skateboarding. Persepsi merupakan proses kognitif yang dialami setiap orang dalam memahami informasi tentang lingkungannya, baik lewat penglihatan, pendengaran, penghayatan, perasaan dan penciuman. Brand adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa. Penelitian ini meneliti tentang functional brand yang meliputi product, price dan placement. Metode penelitian yang digunakan adalah studi netnography. Penelitian ini melibatkan memberlist dalam forum www.skate.indonesianforum. net. Pengumpulan data diperoleh dari dua sumber, pertama data primer yang didapat melalui komentar audiens dalam forum skateboard dan kemudian membuat pemetaan atas komentar tersebut. Kedua, data sekunder yang diperoleh melalui wawancara kepada informan yang merupakan skater pengguna Element skateboard dan Puppets skateboard. Salah satu teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu interview guide yang bertujuan untuk memperlancar dalam menggali informasi dari informan Hasil penelitian menunjukkan narasumber Afri Ansyah berpersepsi bahwa secara kualitas brand skateboard lokal tidak kalah bersaing dengan brand global. Narasumber Suherman Setiawan berpersepsi bahwa brand lokal lebih unggul dibandingkan brand global karena lebih terjangkau. Narasumber Gregorius Aldwin berpersepsi bahwa brand global lebih unggul dari brand lokal karena kualitasnya lebih baik. Persepsi audiens terhadap brand global dan brand lokal akan berbeda berdasarkan karakteristik masing-masing audiens. Namun, faktor fungsional juga turut mempengaruhi persepsi audiens terhadap brand lokal dan brand global skateboard.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Audiens, Brand Lokal dan Global
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2013 09:17
Last Modified: 01 May 2013 09:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item