Widiyarini, Willina (2012) CITRA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANTUL DALAM PEMBERITAAN DI MEDIA LOKAL JOGJA PADA MASA PILKADA 2010 ( Analisis Isi Citra dalam Pemberitaan di Surat Kabar Kedaulatan Rakyat dan Radar Jogja pada bulan Maret – Juni 2010). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02575.pdf Download (980kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02575.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM02575.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM02575.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM02575.pdf Download (78kB) | Preview |
Abstract
Humas pemerintah jika ditinjau dari segi peran dan fungsinya dibandingkan dengan humas perusahaan non pemerintah memang mempunyai banyak perbedaan, karena humas pemerintah tidak mempunyai sesuatu yang diperjualbelikan (aspek komersial). Meskipun dalam kegiatannya, humas pemerintah juga melakukan publikasi, promosi, dan periklanan, humas pemerintah tersebut lebih ditekankan pada public service demi meningkatkan pelayanan umum. Memang secara garis besar, humas pemerintah bertindak sebagai komunikator dari pemerintah dan membantu pemerintah mencapai tujuan dan sasaran yang akan dicapai instansi/lembaga pemerintah tersebut, sehingga pada ahkirnya dapat menciptakan citra serta opini yang menguntungkan. Pada tahun 2010 ini kabupaten Bantul akan melaksanakan pemilu pemimpin daerah. Proses ini menjadi proses yang bersejarah, karena bapak Idham Samawi telah menjabat sebagai Bupati Bantul selama 2 periode berturut-turut dan telah mendapatkan kepercayaan yang begitu besar dari masyarakat Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif menggunakan analisis isi, agar nantinya dapat diketahui bagaimana citra Pemkab Bantul disampaikan oleh media massa lokal selama Pilkada 2010. Selain itu, penulis memilih surat kabar harian Kedaulatan Rakyat dan Radar Jogja dikarenakan surat kabar tersebut mempunyai kolom tersendiri tentang Kabupaten Bantul dan mempunyai jangkauan pemasaran yang lebih luas dari surat kabar harian lainnya. Effendy (1999: 119) menjelaskan bahwa; press yakni surat kabar dan majalah merupakan sarana cetak yang memungkinkan berita-berita yang disiarkan dapat dibaca setiap saat dapat dibaca berulang-ulang dan terdokumentasikan, sehingga dapat dijadikan bukti otentik untuk suatu keperluan. Sudah menjadi tugas Humas untuk kemudian mendokumentasikan berita tersebut dalam bentuk kliping yang nantinya dapat diteliti dan dianalisis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi > Kajian Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 09:42 |
Last Modified: | 16 Apr 2013 09:42 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/511 |
Actions (login required)
View Item |