KEPUASAN KHALAYAK TERHADAP SIARAN BERITA INFORMASI DAN MUSIK ANDA (BIMA) DI RADIO KOMUNITAS SPIRITUAL HINDU YOGADHIPARAMAGUHYA FM (Studi Kuantitatif Kepuasan Pendengar di Banjar Tengah, Desa Blahbatuh, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar-Bali terhadap Siaran Berita Informasi dan Musik Anda “BIMA”)

KHAIRUNISSA, . (2012) KEPUASAN KHALAYAK TERHADAP SIARAN BERITA INFORMASI DAN MUSIK ANDA (BIMA) DI RADIO KOMUNITAS SPIRITUAL HINDU YOGADHIPARAMAGUHYA FM (Studi Kuantitatif Kepuasan Pendengar di Banjar Tengah, Desa Blahbatuh, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar-Bali terhadap Siaran Berita Informasi dan Musik Anda “BIMA”). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02765.pdf

Download (773Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02765.pdf

Download (301Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02765.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02765.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02765.pdf

Download (404Kb)

Abstract

Salah satu aktivitas sederhana yang menggambarkan relasi media dengan masyarakat adalah mendengarkan radio. Seiring dengan perkembangan zaman, radio sebagai media siaran mengalami suatu metamorfosis dalam tujuan dan fungsinya. Secara tradisional, tujuan penyiaran program radio siaran adalah adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat, memberikan pendidikan, memberikan hiburan, memberikan dorongan perubahan diri, dan sensasi. Namun, pada perkembangannya kini sebagian besar media radio siaran bertujuan untuk hiburan, hal tersebut tercermin pada radio-radio milik swasta, yang sangat komersil. Sehingga muncul sebuah asumsi bahwa media-media yang sepenuhnya dikelola oleh swasta, siarannya tidak mampu menjangkau aspirasi warga di daerah perbatasan atau pedesaan, sehingga dibutuhkan suatu media komunikasi untuk warga, salah satunya dengan kehadiran radio komunitas. Salah satu fenomena penggunaan media komunitas sebagai media informasi, pendidikan dan hiburan bagi masyarakat dapat di temukan pada lingkungan desa adat Bali, yakni pada radio komunitas spiritual Hindu Yogadhiparamaguhya FM, yang berdiri di lingkungan komunitas pasraman Yogadhiparamaguhya, Banjar Tengah, Desa Blahbatuh, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar-Bali. Sebagai media komunitas keagamaan, radio komunitas Yogadhiparamaguhya FM, khususnya melalui siaran BIMA (Berita Informasi dan Musik Anda) perlu memahami perilaku khalayak dalam mengkonsumsi siaran BIMA seperti mengetahui apa motif dan kebutuhan (Gratification Sought) warga Banjar Tengah, desa Blahbatuh, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar-Bali mendengarkan siaran BIMA, dan bagaimana kepuasan (Gratification Obtained) warga terhadap siaran tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kepuasan warga banjar Tengah, desa Blahabatuh, kec. Blahbatuh, Gianyar-Bali terhadap siaran “Berita Informasi dan Musik Anda” (BIMA) di radio komunitas spiritual Hindu YPG FM. Dengan rumusan masalah bagaimana kepuasan warga Banjar Tengah, terhadap siaran “Berita Informasi dan Musik Anda” (BIMA) di radio komunitas spiritual Hindu Yogadhiparamaguhya FM, dan apakah terdapat perbedaan kepuasan antara Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO) pada warga Banjar Tengah. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pendengar puas pada motif kognitif, afektif, dan integratif personal, hal ini terlihat dari perbandingan skor rata-rata mean Gratification Sought (GS) lebih kecil dari pada skor rata-rata Gratification Obtained (GO). Sedangkan pada motif integratif sosial, dan motif pelarian responden tidak mendapatkan kepuasan, hal ini terlihat dari perbandingan skor rata-rata Gratification Sought (GS) lebih besar dari pada skor rata-rata Gratification Obtained (GO).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebutuhan (Gratification Sought), konsumsi media, kepuasan (Gratification Obtained), dan khalayak.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2013 10:08
Last Modified: 01 May 2013 10:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item