Spasialisasi Radio Berjaringan (Studi Deskriptif Kualitatif Praktek Spasialisasi dalam Kinerja dan Produk Media Radio Yasika FM Jogja sebagai Bagian dari CPP Radionet)

LARASATI, MAYA (2012) Spasialisasi Radio Berjaringan (Studi Deskriptif Kualitatif Praktek Spasialisasi dalam Kinerja dan Produk Media Radio Yasika FM Jogja sebagai Bagian dari CPP Radionet). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02973.pdf

Download (2027Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02973.pdf

Download (141Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02973.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02973.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1803Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02973.pdf

Download (85Kb)

Abstract

Kepemilikan oleh segelintir orang atau oligopoli adalah struktur yang tipikal dalam industri media massa saat ini. Integrasi antara satu media massa dengan media massa yang lain (dalam konteks ekonomi politik disebut spasialisasi) adalah langkah-langkah dalam proses yang mengantarkan industri media massa sampai kepada kondisi ini. Terkonsentrasinya kepemilikan media massa membawa banyak dampak yang kerap tidak disadari publik. Berkurangnya keragaman isi media (diversity of content) adalah salah satunya, sekaligus bibit tercederainya demokrasi informasi publik. Dalam konteks radio, persoalan kepemilikan menjadi lebih pelik lagi karena bersinggungan dengan asas pengelolaan frekuensi sebagai benda publik. Penelitian ini mencoba menjelaskan modus-modus spasialisasi yang dilakukan oleh jejaring radio CPP Radionet kepada Yasika FM Jogja sebagai anggotanya untuk memperluas serta melanggengkan ekspansinya di pasar. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi lapangan, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CPP Radionet melakukan modus-modus integrasi vertikal dalam rangka memperluas pasar dan modus integrasi horisontal dalam rangka melanggengkan ekspansinya di pasar, dari level basis ekonomi korporatnya hingga produk radio-radionya. Tercederainya demokrasi informasi publik juga nampak pada usaha penyeragaman konten produk radio dan diingkarinya kaidah media massa demi kepentingan penguasa modal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: radio, radio berjaringan, spasialisasi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2013 10:58
Last Modified: 01 May 2013 10:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item View Item