IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN REPUTASI UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA SEBAGAI UNIVERSITAS RISET BERKELAS DUNIA

ANGWARMASE, ANDITYA YOSEPHAT (2014) IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN REPUTASI UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA SEBAGAI UNIVERSITAS RISET BERKELAS DUNIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03396.pdf

Download (729Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03396.pdf

Download (358Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03396.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03396.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03396.pdf

Download (191Kb)

Abstract

Reputasi menjadi faktor penting dalam persaingan di dunia usaha. Hal tersebut juga disadari oleh UGM yang sedang berupaya untuk meningkatkan reputasi dari universitas terbesar di Indonesia menjadi universitas riset berkelas dunia. Dalam proses peningkatan reputasi tersebut, salah satu elemen yang berperan adalah komunikasi. Humas UGM sebagai divisi yang menjalankan fungsi komunikasi tersebut perlu memanfaatkan berbagai media yang ada. Perkembangan pengguna media online yang pesat kemudian mengharuskan Divisi Humas UGM untuk dapat berpartisipasi guna berinteraksi dengan masyarakatatau yang dikenal sebagai cyberPR. Dengan demikian maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi implementasi cyber PR dalam meningkatkan reputasi UGM. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan sifat desktriptif. Data yang digunakan adalah data-data yang didapat berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber yang terlibat dalam implementasi cyber PR. Dari data yang dikumpulkan, bentuk implementasi cyber PRterbagi menjadi lima yaitu pembuatan press release, berita video, pemantauan dan pelaksanaan interaksi di media sosial, pengelolaan sistem informasi aspirasi publik (SIAP) dan penyediaan informasi. Meskipun bentuk-bentuk implementasi cyber PR yang beragam, didapati bahwa kontribusi implementasi cyber PR dalam meningkatkan reputasi UGM hanya berfokus pada publikasi yang terdapat pada bentuk-bentuk implementasi tersebut. publikasi dilakukan dengan menggunakan unit-unit lain sebagai sumber informasi yang mengangkat tentang penelitian. Topik khusus tentang penelitian dipublikasikan guna membangun pemahaman tentang UGM sebagai universitas riset berkelas dunia dan interaksi yang terjadi belum memberikan kontribusi yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi cyber PR, reputasi, media online
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Jun 2014 08:47
Last Modified: 25 Jun 2014 08:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/5341

Actions (login required)

View Item View Item