PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE (Studi Eksplanatif Perbandingan Pengaruh Kredibilitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Terhadap Brand image Nike dan Adidas)

PRADITYA, ALBERT NICO (2012) PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE (Studi Eksplanatif Perbandingan Pengaruh Kredibilitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Terhadap Brand image Nike dan Adidas). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03304.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03304.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03304.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03304.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03304.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis global terjadi pada produk apparel olahraga. Berbagai macam brand apparel olahraga berskala internasional saling bersaing untuk mendapatkan pasar global. Persaingan apparel secara global sendiri mengecurut menjadi hanya dua brand, yaitu Nike dan Adidas. Persaingan Nike dan Adidas tidak hanya sampai pada sponsor club sepakbola. Nike dan Adidas juga bersaing dalam mensponsori seorang atlet sepakbola, dalam istilah periklanan disebut brand endorser. Endorser sering juga disebut sebagai direct source, yaitu seorang pembicara yang mengantarkan sebuah pesan atau memperagakan sebuah produk atau jasa. Nike menunjuk Cristiano Ronaldo, bintang asal Real Madrid sebagai endorser utama produk Nike yang dikontrak eksklusif hingga 2014. Sedangkan Lionel Messi meneruskan estafet dari David Beckham sebagai endorser Adidas sejak tahun 2005 setelah menolak perpanjangan kontrak dengan Nike. Untuk melihat pengaruh kredibilitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sebagai endorser terhadap brand image Nike dan Adidas, maka kredibilitas endorser diukur berdasarkan indikator attractiveness, trustworthiness, dan expertise. Indikator dalam tingkat brand image juga perlu diukur untuk melihat sejauh mana brand image produk Nike dan Adidas. Selain itu peran kelompok referensi yaitu fans klub Madridista Yogyakarta, Fans Club Barcelona Indonesia Regional Yogyakarta, dan Juventus Club Indonesia Chapter Yogyakarta digunakan untuk membuktikan bahwa kelompok referensi merupakan kelompok yang dapat memberikan pengaruh langsung atau tidak terhadap sikap dan perilaku seseorang. Pengukuran ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif, dengan kuisioner sebagai alat ukurnya. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis uji validitas dan reliabilitas, uji beda menggunakan rumus one way ANOVA, dan uji beda. Berdasarkan hasil survei terhadap 50 responden di tiap kelompok yang lolos kriteria sampel, didapatkan beberapa hasil mengeni pengaruh kredilitas endorser terhadap brand image. Pengaruh kredibilitas Cristiano Ronaldo terhadap brand image Nike pada kelompok Madridista Yogyakarta adalah sebesar 0,513 yang dikategorisasikan pengaruh sedang. Pengaruh kredibilitas Lionel Messi terhadap brand image Adidas pada kelompok FCBI Yogyakarta sebesar 0,797 yang dikategorisasikan memiliki pengaruh kuat. Pengaruh kredibilitas Cristiano Ronaldo terhadap brand image Nike pada kelompok netral yaitu JCI Yogyakarta sebesar 0,407 yang dapat dikategorisasikan memiliki pengaruh sedang. Sedangkan pengaruh kredibilitas Lionel Messi terhadap brand image Adidas pada kelompok netral JCI Yogyakarta sebesar 0,512 yang dikategorisasikan memiliki pengaruh sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel kredibilitas endorser terhadap brand image produk lebih kuat pada kelompok referensi Madridista Yogyakarta dan FCBI Yogyakarta dibandingkan pada kelompok netral yaitu JCI Yogyakarta. Hal ini menunjukkan bahwa peran kelompok referensi mempengaruhi pengaruh variabel kredibilitas endorser terhadap brand image produk. Kelompok referensi terbukti dapat menciptakan suasana untuk xvii penyesuaian yang dapat mempengaruhi pilihan orang terhadap merek produk tertentu. Semakin bersatu kelompok, semakin efektif proses komunikasinya, dan semakin tinggi anggotanya menghargai kelompoknya maka semakin besar pengaruh kelompok itu dalam membentuk pilihan produk dan merek anggotanya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kredibilitas endorser, brand image, reference group
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Apr 2013 13:46
Last Modified: 01 May 2013 10:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item