PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP TOKOH AFIKA DALAM IKLAN TVC OREO (Studi Deskriptif Mengenai Persepsi Khalayak terhadap Tokoh Afika Dalam Iklan TVC Oreo Versi Ice Cream Rasa Orange)

SURASTAPA, AHMAD SUNU (2012) PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP TOKOH AFIKA DALAM IKLAN TVC OREO (Studi Deskriptif Mengenai Persepsi Khalayak terhadap Tokoh Afika Dalam Iklan TVC Oreo Versi Ice Cream Rasa Orange). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03353.pdf

Download (700Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03353.pdf

Download (1161Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03353.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03353.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03353.pdf

Download (157Kb)

Abstract

Iklan TVC merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Oreo untuk meng komukasikan produk-produk barunya ke masyarakat luas. Dalam penelitian ini difokuskan pada iklan TVC Oreo ice cream rasa orange, Afika adalah tokoh anak kecil dalam iklan tersebut. Bermula dari iklan itulah muncul fenomena-fenomena yang terjadi di sosial media berkaitan dengan tokoh Afika tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara kepada empat narasumber yang sudah pernah diterpa oleh iklan Oreo dan sudah pernah membahas tentang Afika di sosial media bahwa penelitian ini menggunakan konsep daya tarik endorser dan mereka mempersepsikan tokoh Afika ini ke dalam tiga kategori yaitu similarity, familiarity dan likability. Narasumber dapat mempersepsikan tokoh Afika karena mereka mendapatkan stimulus berupa iklan TVC Oreo tersebut dan faktor internal dari narasumber seperti kesamaan atau kemiripan tokoh Afika dengan diri atau lingkungan narasumber, kesukaan pada fisik Afika dan lain-lain. Persepsi terhadap tokoh Afika yang sudah dimiliki oleh narasumber tersebut kemudian dituliskan ke sosial media sehingga begitu gencarnya di sosial media tentang Afika setelah iklan tersebut diluncurkan. Penelitian tentang iklan TVC yang menggunakan tokoh anak kecil yang berdampak pada persepsi khalayak yang gencar dituliskan di sosial media ini menyimpulkan bahwa penggunaan endorser ke dalam sebuah elemen TVC ini sangat penting untuk dipertimbangkan mengenai siapa yang harus menjadi tokoh dalam iklan tersebut sehingga sebaiknya akan berdampak baik jika endorser yang digunakan tepat pada apa yang diharapkan oleh pengiklan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Endorser, Iklan TVC
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2013 08:24
Last Modified: 01 May 2013 11:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item