PENGARUH TINGKAT KETERLIBATAN PADA PROGRAM BRAND ACTIVATION TERHADAP BRAND EQUITY (Pengaruh Tingkat Keterlibatan pada Brand Activation Pop Mie dalam Program Kompetisi Pop Mie Basketball terhadap Brand Equity Pop Mie di Kalangan Pelajar SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta)

Hartono, Jefri (2012) PENGARUH TINGKAT KETERLIBATAN PADA PROGRAM BRAND ACTIVATION TERHADAP BRAND EQUITY (Pengaruh Tingkat Keterlibatan pada Brand Activation Pop Mie dalam Program Kompetisi Pop Mie Basketball terhadap Brand Equity Pop Mie di Kalangan Pelajar SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03560.pdf

Download (4Mb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03560.pdf

Download (15Mb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03560.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3316Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03560.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10Mb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03560.pdf

Download (7Mb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat keterlibatan pada brand activation Pop Mie dalam program kompetisi Pop Mie basketball terhadap brand equity Pop Mie di kalangan pelajar SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan atau tanpa dikontrol denga uang saku responden per bulan. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yang relevan, yaitu : teori mengenai komunikasi pemasaran, teori mengenai brand, teori mengenai brand activation, teori mengenai karakteristik konsumen, serta teori mengenai brand equity. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatif (kuantitatif). Pengambilan sampel populasi dilakukan dengan metode one-stage cluster sampling. Jumlah SMA yang dipilih secara acak dalam penelitian ini adalah 10 SMA, kemudian peneliti mengambil sampel 10 orang pelajar SMA dari 10 SMA di setiap wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dipilih secara acak. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuisioner penelitian dan hasil wawancara melalui Yahoo Messenger, sedangkan data sekunder diperoleh melalui data-data yang terdapat di dalam majalah, website, dan hasil wawancara melalui e-mail. Metode pengukuran data dilakukan dengan menggunakan skala guttman. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, tabulasi silang, uji Cochran, analisis multidimentional scalling (proxscall), model compensatory, dan analisis regresi. Berdasarkan hasil uji pengaruh terbukti bahwa variabel tingkat keterlibatan pada brand activation Pop Mie dalam program kompetisi Pop Mie basketball signifikan mempengaruhi brand equity Pop Mie dan ketika menyertakan variabel control, yaitu uang saku responden pengaruhnya tetap signifikan. Hubungan antara variabel terikat, yaitu brand equity Pop Mie dengan veriabel bebas, yaitu tingkat keterlibatan pada brand activation Pop Mie dalam program kompetisi Pop Mie basketball adalah lemah, dan ketika menyertakan variabel control, yaitu uang saku responden per bulan nilai R meningkat meskipun hubungan antara variabel tersebut lemah. Konstanta brand equity Pop Mie yang tinggi menunjukkan bahwa brand equity yang dimiliki Pop Mie kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada elemen brand awareness, merek Pop Mie menempati posisi puncak dalam top of miond cup noodles. Asosiasi yang menjadi brand image dari Pop Mie adalah mudah disajikan, mudah diperoleh, dan mereknya sudah terkenal. Penilaian konsumen pada elemen perceived quality menunjukkan bahwa merek Pop Mie dipandang oleh konsumen lebih unggul dibanding para kompetitornya hampir di semua atribut yang ada, kecuali atribut harganya murah. Analisis pada elemen brand loyalty menunjukkan bahwa merek Pop Mie memiliki brand loyalty yang kuat. Hal ini tercermin dari tingkatan commited buyer yang lebih besar dari tingkatan switcher.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat keterlibatan brand activation, brand equity
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Apr 2013 08:44
Last Modified: 01 May 2013 10:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item