KEPUASAN SISWA SEKOLAH DASAR YOGYAKARTA TERHADAP PROGRAM ACARA ANAK-ANAK DI TRANS 7 (Studi Kuantitatif tentang Kepuasan Siswa Yogyakarta di Sekolah Dasar Negeri Nogopuro Depok Sleman dan Sekolah Dasar Negeri Patalan Baru Bantul terhadap Program Acara Si Bolang di Trans 7)

Panggabean, Eko Febri Asi (2012) KEPUASAN SISWA SEKOLAH DASAR YOGYAKARTA TERHADAP PROGRAM ACARA ANAK-ANAK DI TRANS 7 (Studi Kuantitatif tentang Kepuasan Siswa Yogyakarta di Sekolah Dasar Negeri Nogopuro Depok Sleman dan Sekolah Dasar Negeri Patalan Baru Bantul terhadap Program Acara Si Bolang di Trans 7). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03578.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03578.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03578.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03578.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03578.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

khalayak. Berbagai cara dilakukan media massa untuk memberikan kepuasan bagi khalayak baik media cetak dan penyiaran. Perkembangan media massa tidak terlepas dengan kemajuan suatu teknologi. Teknologi dapat membuat suatu perubahan dan perkembangan bagi media massa. Televisi sebagai salah satu media penyiaran memang banyak menawarkan dan menyajikan acara-acara yang menarik dan variatif. Selain sebagai salah satu cara dari pengelola media untuk menarik minat dan perhatian konsumen, televisi, sebagai salah satu media komunikasi massa, memiliki tugas untuk menyalurkan informasi kepada masyarakat. Stasiun televisi mulai berlomba-lomba membuat tayangan semenarik mungkin dan beraneka ragam serta mengemasnya semenarik mungkin agar masyarakat menjadi tertarik untuk menonton program acara tersebut Kemunculan berbagai media pada akhirnya akan menciptakan suatu persaingan antar media. Industri media saling bersaing untuk mendapatkan keuntungan yang besar dengan cara mendapatkan jumlah khalayak. Media berusaha mendapatkan jumlah khalayak yang besar dengan cara memberikan apa yang diinginkan atau diharapkan oleh masyarakat melalui berita, informasi dan tayangan program menarik yang ada, sehingga menimbulkan kepuasan bagi khalayak. Program acara televisi sekarang ini didominasi oleh acara hiburan. Stasiun televisi berlomba-lomba menayangkan tayangan bersifat hiburan, seperti kartun, sinetron, komedi, reality show, talk show, ajang pencarian bakat atau talent show dan masih banyak lagi. Maraknya program televisi untuk anak-anak yang justru tidak layak ditonton, mengundang keprihatinan. Si Bolang di Trans 7 merupakan salah satu program anak-anak yang layak di konsumsi, karena menngandung unsur pendidikan dan program ini juga ingin mendekatkan anak-anak kepada alam, budaya dan nusantara. Sebagai salah satu stasiun yang memiliki program anak-anak terbaik, Trans 7 khususnya program acara Si Bolang harus melihat apa yang sebenarnya dicari oleh khalayak (anak-anak) berkaitan dengan kebutuhan yang dinginkan (Gratification Sought), dengan apa yang diperoleh khalayak berkaitan dengan kepuasan terhadap pemenuhan kebutuhan yang diinginkan (Gratification Obtained), dalam hal ini kepuasan siswa Sekolah Dasar Negeri Nogopuro Depok Sleman dan siswa Sekolah Dasar Patalan Baru Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan siswa sekolah dasar terhadap program acara Si Bolang di Trans 7, dengan membandingkan antara kebutuhan (motif/harapan) ketika menonton program acara Si Bolang di Trans 7 (Gratification Sought) dengan kepuasan yang diperoleh setelah menonton (Gratification Obtained). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kedua vi sekolah dasar yakni Sekolah Dasar Negeri Patalan Baru Bantul dan Sekolah Dasar Negeri Nogopuro Depok Sleman puas pada motif identitas pribadi, interaksi sosial dan hiburan. Pada motif informasi dan integratif personal kedua sekolah dasar tersebut tidak terpuaskan, hal ini dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata (mean) Gratification Soght lebih besar daripada Gratification Obtained. Responden berjumlah 85 orang di Sekolah Dasar Negeri Patalan Baru Bantul dan 109 orang di Sekolah Dasar Negeri Nogopuro Depok Sleman yang pernah menonton program acara Si Bolang di Trans 7. Motif atau kebutuhan (Gratification Soght) yang dibandingkan meliputi kebutuhan informasi, kebutuhan identitas pribadi, kebutuhan integratif personal, kebutuhan inteaksi sosial, dan kebutuhan hiburan. Sedangkan kepuasan (Gratification Obtained) meliputi kepuasan informasi, kepuasan identitas pribadi, kepuasan integratif personal, kepuasan inteaksi sosial, dan kepuasan hiburan. Jika dilihat dari hasil perbandingan rata-rata (mean) Gratification Sought dan Gratification Obtained kedua sekolah dasar ini, Sekolah Dasar Negeri Patalan Baru Bantul dan Sekolah Dasar Negeri Nogopuro Depok Sleman samasama terpuaskan pada motif identitas pribadi, interaksi sosial, dan hiburan. Berbeda dengan motif informasi dan motif integratif personal, kedua sekolah dasar ini yakni Sekolah Dasar Negeri Patalan Baru Bantul dan Sekolah Dasar Negeri Nogopuro Depok Sleman tidak terpuaskan oleh motif tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan (Gratification Sought), kepuasan (Gratification Obtained), dan khalayak
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Apr 2013 09:04
Last Modified: 01 May 2013 11:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item