DESIRE E.D, MARIA YOSEPHINE (2012) KEBUTUHAN SISWI SMA STELLA DUCE 1 YOGYAKARTA MEMBACA MEDIA MASSA CETAK TENTANG KOREAN POP (Studi Deskriptif Kuantitatif Kebutuhan Membaca Media Massa Cetak tentang Korean Pop pada Siswi SMA Stella Duce 1 Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03631.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03631.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03631.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03631.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03631.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Setiap orang menggunakan media massa untuk memennuhi kebutuhan mereka akan informasi. Kebutuhan khalayak termasuk kebutuhan kognitif, afektif, integratif personal, integratif sosial dan eskapis (hiburan). Khalayak dianggap secara aktif untuk menggunakan media-media demi memenuhi kebutuhan mereka sehingga khalayak bertanggung jawab dalam memilih dan menggunakan media yang dapat memenuhi kebutuhan dan tujuan mereka. Korean pop atau Kpop sendiri adalah sebutan untuk musik Korea yang sudah sangat meluas saat ini. Masuknya pengaruh Korean Pop di Indonesia tidak bisa dipungkiri adalah peran media massa yang secara sadar ataupun tidak membantu masuknya pengaruh Korean Pop. Seperti munculnya berbagai media massa yang mengkhususkan membahas tentang Korean Pop seperti media-media dari Asiangrup berupa tabloid dan majalah. Penelitian ini menggunakan metode survai, data-data dan informasi dikumpulkan dai responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswi SMA Stella Duce 1 Yogyakarta angkatan 2010/2011 dan 2011/2012, dengan jumlah sampel sebanyak 85 orang. Sampel penelitian berupa siswi yang membaca media massa cetak berupa tabloid atau majalah yang khusus membahas Korean Pop. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden penelitian yaitu siswi SMA Stella Duce 1 memiliki kebutuhan yang ingin dipernuhi tentang Korean Pop dengan membaca media massa cetak seperti majalah atau tabloid yang khusus membahas Korean Pop. Kebutuhan tersebut yaitu kebutuhan kognitif, afektif dan integratif sosial.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebutuhan Khalayak, Korean Pop, media cetak |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 19 Apr 2013 09:32 |
Last Modified: | 01 May 2013 09:52 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/604 |
Actions (login required)
View Item |