MOTIVASI PENYIAR BEKERJA DI RADIO KOMUNITAS (Studi Deskriptif Kualitatif Motivasi Penyiar Bekerja di Radio Komunitas Balai Budaya Minomartani 107.9 FM)

ISSETIABUDI, DAVID EKA (2012) MOTIVASI PENYIAR BEKERJA DI RADIO KOMUNITAS (Studi Deskriptif Kualitatif Motivasi Penyiar Bekerja di Radio Komunitas Balai Budaya Minomartani 107.9 FM). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03652.pdf

Download (4Mb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03652.pdf

Download (210Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03652.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03652.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03652.pdf

Download (345Kb)

Abstract

Radio BBM FM adalah salah satu bentuk media komunitas yang ada di Desa Minomartani. Radio ini melaksanakan siaran-siaran yang mempunyai arah dan kaitannya dengan program kemasyarakatan bidang seni dan budaya demi terwujudnya pelestarian budaya. Program siaran yang siarkan oleh BBM FM, melayani Desa Minomartani dan sekitarnya. Sebagai penyiar yang bekerja di BBM FM, mereka mempunyai motivasi masingmasing untuk terus berkerja di BBM FM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan lima motivasi penyiar dalam bekerja di BBM FM, yaitu untuk sarana hiburan, untuk membangun relasi, untuk pengembangan diri, untuk pelestarian kebudayaan dan untuk pengabdian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan memaparkan hasil penelitian menjadi sebuah narasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara dan pengamatan yang diperoleh dari narasumber. Sehingga peneliti dapat mengetahui apa jasa motivasi penyiar bekerja di radio BBM FM. Motivasi yang dimiliki para penyiar jika dikaitkan dengan teori Hierarki Kebutuhan adalah untuk memenuhi kebutuhan cinta dan keberadaan, penghargaan dan aktualisasi diri. Masing-masing pemenuhan kebutuhan tersebut membuat penyiar menjadikan profesinya sebagai salah satu kebutuhan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, penyiar, radio
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Apr 2013 10:29
Last Modified: 01 May 2013 10:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item