RISET PASAR PRODUK KERAJINAN DARI KOMPONEN BEKAS KENDARAAN

MAHENDRA, PATRICK BRIAN (2014) RISET PASAR PRODUK KERAJINAN DARI KOMPONEN BEKAS KENDARAAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TIA007180.pdf

Download (848kB)
[img] Text (Bab I)
TIA107180.pdf

Download (214kB)
[img] Text (Bab II)
TIA207180.pdf

Download (308kB)
[img] Text (Bab III)
TIA307180.pdf

Download (217kB)
[img] Text (Bab IV)
TIA407180.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB)
[img] Text (Bab V)
TIA507180.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (Bab VI)
TIA607180.pdf

Download (454kB)

Abstract

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang mencatat pertumbuhan kendaraan yang tinggi. Sebagai kota yang memiliki banyak sekolah dan perguruan tinggi, prosentase mahasiswa yang semakin tahun semakin meningkat ternyata berbanding lurus dengan peningkatan jumlah prosentase sepeda motor. Data dari Badan Pusat Statistik Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan bahwa jumlah sepeda motor sudah mencapai 87 persen dari moda kendaraan bermotor. Volume kendaraan bermotor yang terus meningkat dari tahun ke tahun tentunya membawa konsekuensi semakin banyaknya limbah dari kendaraan bermotor berupa komponen-komponen yang sudah tidak dapat dipakai. Hal ini ternyata berbanding terbalik bahwa sebagai kota pariwisata, tidak banyak dijumpai produk kerajinan yang memanfaatkan komponen bekas kendaraan yang cukup melimpah di Yogyakarta. Penelitian ini berfokus pada riset pasar untuk usaha baru di bidang kerajinan berbahan komponen bekas kendaraan. Riset dibutuhkan guna dapat mengidentifikasi potensi pemasaran produk dengan jelas. Riset menggunakan Lembar Kerja sebagai alat dokumentasi, dimulai dengan menetapkan target customer, menyusun dan memeriksa hipotesis uji, hingga mendapatkan pertanyaan-pertanyaan dasar riset. Lembar Kerja juga dilengkapi dengan data sekunder yang berisi variasi produk dan tingkat kompetisi di bidang produk kreatif komponen bekas kendaraan. Metode analisis dilakukan melalui analisis tren, similaritas, kontradiksi, dan odd groupings terhadap data primer yang telah didapatkan melalui penyebaran kuesioner. hasil riset pasar melalui analisis tren menyatakan bahwa saat ini kaum laki-laki (79,07%) lebih tertarik membeli kerajinan barang bekas kendaraan dibanding kaum perempuan (50,88%). Melalui analisis similaritas dinyatakan dalam melihat aspek penting dalam membeli kerajinan barang bekas baik laki-laki maupun perempuan lebih mengutamakan desain. Melalui analisis kontradiksi yaitu pelajar/mahasiswa yang tidak tertarik (47,37%) terhadap kerajinan barang bekas spare part memberi kisaran harga lebih tinggi dibanding pelajar/mahasiswa yang tertarik (53,85%) terhadap produk tersebut. Sedangkan melalui analisis odd grouping terdapat kelompok responden yang menjawab lainnya menyatakan pernah melihat produk tersebut di majalah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komponen bekas, kerajinan, kendaraan bermotor,kuesioner
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > TI Pindahan ATMI
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Nov 2014 09:43
Last Modified: 21 Nov 2014 09:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6328

Actions (login required)

View Item View Item