KONSEP DIRI PENGGUNA AKTIF JEJARING SOSIAL PATH (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Konsep Diri Siswa SMA Santo Bellarminus Bekasi Sebagai Pengguna Aktif Jejaring Sosial Path)

PUTRI, FEBRY VINNESSA (2014) KONSEP DIRI PENGGUNA AKTIF JEJARING SOSIAL PATH (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Konsep Diri Siswa SMA Santo Bellarminus Bekasi Sebagai Pengguna Aktif Jejaring Sosial Path). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM004119.pdf

Download (1010Kb)
[img] Text (Bab I)
KOM104119.pdf

Download (591Kb)
[img] Text (Bab II)
KOM204119.pdf

Download (737Kb)
[img] Text (Bab III)
KOM304119.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867Kb)
[img] Text (Bab IV)
KOM404119.pdf

Download (353Kb)

Abstract

Konsep diri merupakan pandangan atau penilaian kita sendiri tentang diri kita baik secara fisik, psikologis, dan sosial. Pandangan akan diri sendiri dapat diwujudkan melalui aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan Path sebagai obyek untuk diteliti, dimana jejaring sosial seperti Path memiliki peran penting dalam kegiatan berkomunikasi sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan memahami konsep diri yang ditunjukan siswa SMA St. Bellarminus Bekasi sebagai pengguna aktif jejaring sosial Path. Penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan menggunakan metode wawancara, pengamatan selama aktivitas di sekolah, dan media uses diaries pada akun Path kedua belas narasumber. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Path dijadikan channel untuk menunjukkan konsep diri narasumber. Narasumber memposting apa yang mereka lihat, dengarkan, tonton, dan aktivitas lainnya yang tanpa disadari turut membentuk citra diri yang mereka inginkan. Path juga dijadikan tempat untuk melampiaskan perasaan dan isi hati yang tidak bisa mereka ungkapkan di dunia nyata. Aktivitas di Path berefek pada keterbukaan diri narasumber, mengungkap hidden area menjadi open area. Selain itu, aktivitas di Path juga mendorong narasumber untuk mencoba hal baru karena postingan teman mereka seperti lagu, film, lokasi, buku, dan juga foto ataupun gambar yang mereka anggap menarik. Hal ini menunjukkan bahwa teman, keluarga, atau yang biasa disebut dengan reference group berperan dalam pemilihan dan penggunaan Path. Dari dua belas narasumber yang diwawancarai, hanya didapatkan tujuh tipe pengguna Path yaitu yaitu 1 tipe the ranters, 2 tipe the lurkers, 3 tipe the dippers, 1 tipe the virgins, 1 tipe the ultras, 3 tipe the deniers, dan 1 tipe the approval seekers. Terdapat lima tipe pengguna Path yang tidak ditemukan yaitu the peacocks, the ghosts, the changelings, the quizzers, dan the informer

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, SMA St. Bellarminus Bekasi, Path
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Dec 2014 12:38
Last Modified: 18 Dec 2014 12:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6427

Actions (login required)

View Item View Item