PENGARUH STRATEGI BISNIS TERIIADAP HASIL PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR : STUDI PADA USAHA MIKRO DAN KECIL DI KOTA MAGELANG

Chandradewi, Inneke (2007) PENGARUH STRATEGI BISNIS TERIIADAP HASIL PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR : STUDI PADA USAHA MIKRO DAN KECIL DI KOTA MAGELANG. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
EM014514.pdf

Download (242kB)
[img] Text (Bab I)
EM114514.pdf

Download (213kB)
[img] Text (Bab II)
EM214514.pdf

Download (401kB)
[img] Text (Bab III)
EM314514.pdf

Download (260kB)
[img] Text (IV)
EM414514.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text (Bab V)
EM514514.pdf

Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1) Bagaimanakah hasil suatu usaha sesuai dengan strategi bisnis yang diadopsi, (2) Bagaimanakah peran lingkungan dalam hubungan antara strategi bisnis dan hasil dari usaha kecil dan mikro di Kota Magelang.Strategi bisnis yang dipakai sebagai ukuran adalah strategi biaya rendah diferensiasi dan niche dari Porter, strategi pertumbuhan atau growth dan panen atau harvest dari Galbraith dan Schendel, dan strategi integrasi vertikal dari Fred R. David. Lingkungan yang diteliti terdiri dari dua dimensi yaitu dimensi ketidakpastian (kompetitor, konsumen, suplier, regulator, asosiasi) dan dimensi ketidakpastian (harga, produk, teknologi, distribusi, kekuatan orang, material mentah). Sedangkan untuk usuran hasil adalah ROI, ROS, ROA dan BPCI. Penelitian ini dilakukan terhadap pemilik industri makanan di Kota Magelang yang memiliki usaha berukuran mikro dan kecil. Analisis yang digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis dalam penelitian ini, antara lain: Analisis Persentase, Analisis One Way Anova dan Analisis Regresi. Hasil analisis presentase menunjukkan bahwa strategi harga murah paling banyak diadopsi. Hasil analisis One Way Anova menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil (ROI, ROA, ROS, dan BPCI) ditinjau dari perbedaan strategi bisnis yang digunakan. Hasil analisis regresi dapat disimpulkan bahwa lingkungan memperkuat pengaruh strategi bisnis yang diadopsi atau digunakan oleh masing masing usaha mikro dan kecil . Saran dari penulis anatara lain: (1) Pihak manajemen usaha mikro dan kecil harus mempergunakan/menerapkan strategi bisnis yang paling cocok bagi jenis usaha yang dilakukannya. (2) Pihak manajemen usaha mikro dan kecil harus memperhatikan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi manajemen, Moderator, Performances
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Dec 2014 09:39
Last Modified: 19 Dec 2014 09:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6433

Actions (login required)

View Item View Item