AUDIENS DAN PROGRAM ACARA SEPAKBOLA DI TV PUBLIK (Resepsi Audiens terhadap Program Acara Liga Italia Serie A di TVRI tentang Konsep Lembaga Penyiaran Publik)

Kusbinanto, Cornel Dimas Satrio (2014) AUDIENS DAN PROGRAM ACARA SEPAKBOLA DI TV PUBLIK (Resepsi Audiens terhadap Program Acara Liga Italia Serie A di TVRI tentang Konsep Lembaga Penyiaran Publik). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM003882.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
KOM103882.pdf

Download (406kB)
[img] Text (Bab II)
KOM203882.pdf

Download (528kB)
[img] Text (Bab III)
KOM303882.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (Bab IV)
KOM403882.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada tahun 2012 tepat setelah TVRI melakukan pergantian pengurus baru, TVRI melakukan gebrakan dengan membeli hak siar program acara Liga Italia Serie A, dengan kontrak senilai Rp. 90 Milyar untuk durasi 3 tahun. Program acara Liga Italia Serie A adalah program acara sepakbola dari luar negeri. Ini untuk pertama kalinya TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik membeli hak siar sepakbola luar negeri. Pembelian hak siar tersebut menjadi kontroversi karena TVRI dengan keterbatasan dana, justru mengalokasikan dana yang berasal dari APBN itu sebagian besar untuk membeli hak siar program acara sepakbola. Selain itu program acara Liga Italia Serie A bersifat hiburan yang berasal dari luar negeri, menjadi tidak relevan bagi kebutuhan publik di Indonesia ketika program acara tersebut disiarkan di TVRI. Peneliti merasa penting untuk melihat fenomena di atas dengan menggunakan pendekatan resepsi audiens, sebab program acara di TVRI hakikatnya tersusun atas manifestasi konsep Lembaga Penyiaran Publik yang mereka harapkan juga ditangkap dengan cara yang sama oleh audiens. Maka peneliti bermaksud untuk menjelaskan interpretasi audiens terhadap program acara Liga Italia Serie A di TVRI tentang konsep Lembaga Penyiaran Publik. Peneliti menggunakan studi encoding-decoding model Stuart Hall, karena studi ini menempatkan audiens sebagai khalayak yang aktif dalam menginterpretasikan pesan media. Encoding-decoding model Stuart Hall memungkinkan peneliti untuk mengklasifikasikan pembacaan informan ke dalam tiga posisi yaitu, dominan, negosiasi, dan oposisional. Sehingga mempermudah peneliti dalam memahami latar belakang informan yang berkaitan dengan interpretasi informan terhadap teks Liga Italia Serie A di TVRI. Peneliti menemukan bahwa faktor kedekatan informan sebagai fans, sangat mempengaruhi interpretasi informan terhadap teks Liga Italia Serie A di TVRI tentang konsep Lembaga Penyiaran Publik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Audiens, Lembaga Penyiaran Publik, decoding, Program acara
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Jan 2015 10:28
Last Modified: 23 Jan 2015 10:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6590

Actions (login required)

View Item View Item