PERANAN COACHING EXPERIENCE DAN TENURE HETEROGENEITY PADA PENGARUH GROUP-TACIT KNOWLEDGE TERHADAP TEAM PERFORMANCE TIM BASKET PADA NATIONAL BASKETBALL ASSOCIATION (NBA)

Paboing, Felisia Verly Kanniya Risa (2015) PERANAN COACHING EXPERIENCE DAN TENURE HETEROGENEITY PADA PENGARUH GROUP-TACIT KNOWLEDGE TERHADAP TEAM PERFORMANCE TIM BASKET PADA NATIONAL BASKETBALL ASSOCIATION (NBA). Jurnal Ekonomi Manajemen. p1-15.

[img] Text (Jurnal Ekonomi Manajemen)
JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan konsep manajemen strategik, yaitu group-tacit knowledge pada bidang olahraga khususnya tim-tim basket yang ikut ambil bagian dalam kompetisi basket NBA pada musim 2009/10 hingga musim 2013/14. Data yang digunakan merupakan data sekunder, yang diperoleh dari mengunduh data yang telah dikeluarkan oleh web resmi NBA (www.nba.com). Analisis regresi sedehana dan analisis regresi berganda digunakan untuk menganalisis pengaruh penciptaan group-tacit knowledge terhadap team performance dengan dimoderasi oleh dua variabel lain yaitu coaching experience dan tenure heterogeneity. Dengan demikian dapat diketahui hasil pengaruh hubungan antara variabel-variabel tersebut terhadap performa sebuah tim dan selanjutnya keberhasilan dari salah satu manajemen strategic yaitu knowledge management dapat diukur. Berdasarkan hasil analisis maka disimpulkan bahwa performa sebuah tim juga dipengaruhi oleh group-tacit knowledge yang diciptakan oleh tim tersebut. Pada musim kompetisi 2009/10 hingga 2013/14 menunjukkan bahwa pada masingmasing musim kompetisi, group-tacit knowledge, coaching experience, dan tenure heterogeneity berpengaruh signifikan terhadap team performance. Hal ini nantinya berdampak pada kemampuan tim untuk memperoleh kemenangan secara terusmenerus.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: manajemen strategik, knowledge management, group-tacit knowledge
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Mar 2015 08:06
Last Modified: 11 Mar 2015 08:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6997

Actions (login required)

View Item View Item