PENERAPAN TEAM TEACHING UNTUK PEMBELAJARAN ILMU PERPUSTAKAAN YANG BERBASIS KOMPUTER DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SANATA DARMA YOGYAKARTA

Khusnudin, Mukhammad (2005) PENERAPAN TEAM TEACHING UNTUK PEMBELAJARAN ILMU PERPUSTAKAAN YANG BERBASIS KOMPUTER DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SANATA DARMA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF04011.pdf

Download (200Kb)
[img] Text (Bab I)
1MTF04011.pdf

Download (127Kb)
[img] Text (Bab II)
2MTF04011.pdf

Download (518Kb)
[img] Text (Bab III)
3MTF04011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128Kb)
[img] Text (Bab IV)
4MTF04011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823Kb)
[img] Text (Bab V)
5MTF04011.pdf

Download (1787Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran pendidikan ilmu perpustakaan yang berbasis komputer dan respon peserta terhadap model team teaching. Sasaran penelitian ini adalah pesertaa pelatihan petugas perpustakaan sekolah dan trainer pustakawan Universitas Sanata Darma Yogyakarta pada tahun ajaran 2004/ 2005. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk siklus yang melalui empat tahapan, yaitu, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Untuk memberikan makna keberhasilan tindakan digunakan kriteria relatif, yaitu tindakan dinyatakan berhasil apabila setelah tindakan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan, menyampaikan pertanyaan, tanggapan/ pendapat atas pertanyaan yang muncul. Penelitian dilakukan selama tiga kali pertemuan dan dilakukan penyempurnaan strategi pembelajaran serta perubahan posisi tempat duduk pada setiap putaran untuk meningkatkan kemudahan dan keaktifan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran dengan model team teaching untuk pendidikan ilmu perpustakaan yang berbasis komputer memberikan dampak positif, yaitu (1) peningkatan keterlibatan peserta secara aktif dalam proses pembelajaran, (2) peningkatan kepedulian peserta terhadap perpustakaan. Penelitian ini juga menghasilkan sesuatu yang lain, yaitu (1) peningkatan kinerja petugas perpustakaan yang diwujudkan melalui penelitian dalam melihat unjuk kerjanya, melakukan refleksi, dan melanjutkan perbaikan, (2) peserta mudah mengikuti mata pelajaran dalam proses pembelajaran dan belajar tidak merasa terpaksa

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan sistem informasi manajemen, perpustakaan, team teaching, teknologi informasi
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Jul 2015 10:37
Last Modified: 07 Jul 2015 10:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7591

Actions (login required)

View Item View Item