PENGARUH CITRA SULTAN HAMENGKU BUWONO X TERHADAP SIKAP MASYARAKAT YOGYAKARTA TERKAIT DENGAN PENETAPAN LANGSUNG SULTAN HAMENGKU BUWONO X SEBAGAI GUBERNUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Rinti, Grace Limbong Tasik (2011) PENGARUH CITRA SULTAN HAMENGKU BUWONO X TERHADAP SIKAP MASYARAKAT YOGYAKARTA TERKAIT DENGAN PENETAPAN LANGSUNG SULTAN HAMENGKU BUWONO X SEBAGAI GUBERNUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02283.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02283.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02283.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02283.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02283.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan provinsi yang memiliki keistimewaan dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia. Perbedaan ini sangat terlihat jelas pada sistem pemilihan kepala daerahnya. Sebagai daerah yang memiliki kesultanan, Yogyakarta memiliki seorang Sultan yang bertindak sebagai kepala kesultanan yaitu Sultan Hamengku Buwono X (SHB X). Sebagai kepala kesultanan, SHB X juga otomatis ditetapkan sebagai kepala pemerintahan DIY dengan jabatan Gubernur DIY. Penelitian ini ngambil lokaso. Peneliti memilih kedua objek tersebut dikarenakan peneliti ingin memberikan perbadingan mengenai aktivitas komunikasi Employee Relations yang diterapkan pada mall yang diwakili oleh Trade Mall Saphir Square dengan department store yang diwakili oleh Gardena Department Store. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membandingkan aktivitas komunikasi Employee Relations yang diterapkan oleh mall dan department store. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah metode studi kasus dengan teknis analisis perbandingan, sedangkan untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara secara mendalam kepada Public Relations pada kedua objek tersebut. Metode wawancara digunakan untuk mencari data-dagta yang akan diolah oleh peneliti. Pada penelitian ini kedua objek peneltian yaitu mall dan department store memiliki karakteristik yang berbeda yaitu dari segi luas bangunan, kepegawaian, kepemilikan modal, jumlah toko dan pengelolaan toko. Aktivitas komunikasi Employee Relations yang diterapkan kedua objek penelitian tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Kedua objek penelitian menerapkan komunikasi arah ke atas, ke bawah, dan sejajar. Perbedaan terletak pada komunikasi lintas saluran yang hanya diterpakan pada mall karena factor kepegawaian yang banyak serta jumlah toko. Pemilihan media pada konsep Employee Relations memiliki perbedaan pada adanya jaringan telepon internal pada mall. Sedangkan untuk papan pengumuman, kaset CCTV, stasiun radio, kotak saran, obrolan langsung, literatur pengenalan, rapat dinas, briefing harian, progam penghargaan untuk karyawan terbaik, program pelatihan yang berupa on the job training serta off the job training dan penggunaan komunikasi dalam bentuk lisan (perintah dan instruksi) juga diterpakan pada mall dan department store. Berdasarkan wawancara secara mendalam dengan narasumber diketahui bahwa dalam menerapkan EmployeeRelations karakteristik-karakteristik tidak mempengaruhi dalam memilih media-media yang digunakan. Kenyataan dalam lapangan memperlihatkan bahwa media tersebut efektif atau tidak yang menjadi pertimbangan pemilihan media-media. Kesimpulan yang dapat diambil adalah peneliti menemukan fakta bahwa secara garis besar perbedaan antara konsep mall dengan konsep department store terlihat pada kepemilikan modal perusahaan serta sistem kepegawaian yang berdampak pada perbedaan pengelolaan managemen perusahaan. Selain itu pemilihan penggunaan media dalam konsep Employee Relations tidak berdasarkan pada karakteristik dari kedua objek penelitian melainkan pada tingkat kebutuhan serta efektif tidaknya media tersebut dapat digunakan untuk menciptakan suasana Employee Relations yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2013 12:06
Last Modified: 01 May 2013 08:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item